Kemenko PMK RI kunjungi kota Binjai

PUBLISH pada Tanggal 12 Februari 2020

Di Posting Oleh: Administrator

Kemenko PMK RI kunjungi kota Binjai

Binjai (Humas Pemko)

Wali kota Binjai H.M.Idaham didampingi Ketua TP. PKK kota Binjai Hj. Lisa Andriani beserta pimpinan OPD menerima kunjungan kerja dari perwakilan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI di ruangan Binjai Command Center (BCC), Selasa (04/02/2020).

Asisten Deputi Pendudukan dan Keluarga Berencana dari Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK, Imam Fasli selaku ketua rombongan menjelaskan tujuan kunjungannya dalam rangka ingin melihat pelaksanaan bimbingan bagi calon pengantin yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah kota Binjai yang telah dimulai dari Desember tahun 2017 sekaligus ingin mendapatkan masukan dalam rangka penyempurnaan peningkatan kualitas dan kuantitas bimbingan perkawinan yang sudah dilaksanakan selama ini.

"Kami diminta oleh pak menko untuk meninjau langsung pelaksanaan bimbingan pranikah di daerah yang sudah melaksanakan, dan hari ini kami datang ke kota Binjai sebagi salah satu kota yang melakukan program itu", ujar Imam.

Imam menjelaskan yang menjadi konsentrasi Kemenko PMK adalah bagaimana bimbingan perkawinan yang sudah ada ini ditingkatkan dari sisi kualitasnya maupun kuantitasnya. Dari sisi kuantitas berdasarkan data yang didapat dari kurang lebih 2juta pasangan yang menikah setiap tahun, baru 5-7 persen yang mengikuti bimbingan perkawinan.

"Dari sisi kualitasnya pak menko mengharapkan bimbingan pranikah ini bukan hanya sekedar menyiapkan pasangan catin tetapi juga berhubungan erat dalam rangka mengatasi berbagai persoalan lainnya seperti masih tingginya angka stanting, angka kemiskinan dan juga masyarakat yang terpapar narkoba", sambungnya

Menanggapi hal itu, wali kota Binjai H.M.Idaham menjelaskan bahwa program bimbingan pranikah bagi calon pengantin (catin) di kota Binjai berjalan dengan baik dan dan dapat diterima oleh masyarakat.

"Kita bekerjasama dengan BNN, kementerian agama, PKK, Catatan Sipil, Dinas Kesehatan dan KB dalam menjalankan program ini. Program ini sudah berjalan hampir 2 tahun, Alhamdulillah program ini diterima oleh masyarakat, semua mendukung", ujar Idaham.

"Jadi sebelum menikah para calon pengantin ini kita berikan bimbingan oleh psikolog yang kita hadirkan dan tes urine serta suntik TT. Kami berharap dengan program ini bisa membangun keluarga baru yang sehat dan keterbukaan apakah catinnya itu terpapar narkoba atau tidak" lanjutnya

Usai dari ruangan BCC, wali kota beserta rombongan melakukan peninjauan pemberian bimbingan bagi calon pengantin ke Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) kota Binjai.

"Kami sangat mengapresiasi sekali dengan apa yang dilakukan oleh Pemko Binjai saat ini, apalagi setelah melihat secara langsung bagaimana bimbingan pranikah untuk catin ini. Ini program yang sangat positif sekali", ujar Imam.

Publish by admin 254 Views



Komentar Anda


Berita Populer

GPR KOMINFO


Contact US



Lokasi



Copyright © 2018 Pemerintah Kota Binjai