DISKOMINFO KOTA BINJAI MENGGELAR ACARA PENGUATAN KAPASITAS PPID DENGAN MATERI UJI KONSEKUENSI DAFTAR INFORMASI PUBLIK YANG DIKECUALIKAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BINJAI

PUBLISH pada Tanggal 01 November 2019

Di Posting Oleh: Administrator

Binjai, (Diskominfo Kota Binjai)

Pemerintah Kota Binjai  melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Binjai menggelar acara Penguatan Kapasitas Pengelola Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dilingkungan Pemerintah Kota Binjai, Kamis (31/10/2019). Acara ini dibuka oleh Walikota Binjai yang diwakili oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Bapak Afwan Lubis, A.Pt, M.Kes yang dilaksanakan di Pendopo Umar Baki Kota Binjai. Adapun narasumber kegiatan ini adalah Ibu Ramdeswati Pohan, MSP yang merupakan Kepala Divisi Kelembagaan Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara. Beliau mengatakan bahwa setiap Informasi Publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik, dan informasi publik yang dikecualikan bersifat ketat dan terbatas. Informasi publik yang dikecualikan bersifat rahasia sesuai dengan UU, kepatutan, dan kepentingan umum didasarkan pada pengujian tentang konsekuensi yang timbul, apabila suatu informasi diberikan kepada masyarakat serta setelah dipertimbangkan dengan seksama bahwa menutup informasi publik dapat melindungi kepentingan yang lebih besar daripada membukanya atau sebaliknya.

Walikota Binjai dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam undang – undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik mencakup pengklasifikasian informasi dimana salah satunya adalah informasi publik yang dikecualikan, dimana pengecualian tersebut harus didasarkan pada pengujian konsekuensi, karena bersifat rahasia sesuai undang – undang, kapatutan, dan kepentingan umum sebagaimana diatur dalam undang – undang nomor 14 tahun 2008.

Dalam melakukan uji konsekuensi, beliau menghimbau kepada seluruh ppid agar berkoordinasi dengan pejabat pada unit kerja yang menguasai dan mengelola informasi tertentu untuk melakukan pengklasifikasian informasi publik. koordinasi tersebut sebagai dasar pembuatan pertimbangan tertulis dan harus berdasarkan uu nomor 14 tahun 2008 yang dilakukan secara seksama dan teliti sebelum menyatakan informasi publik tertentu dikecualikan.

Melalui kesempatan ini, Walikota mengucapkan terima kasih kepada semua peserta ppid karena pemerintah kota binjai menerima penghargaan berupa anugerah keterbukaan informasi badan publik dari gubernur sumatera utara bapak edy rahmayadi. Dimana  pemberian anugerah ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi pemerintah bersama dengan komisi informasi provinsi sumatera utara yang telah melaksanaan amanah undang–undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Publish by admin 298 Views



Komentar Anda


Berita Populer

GPR KOMINFO


Contact US



Lokasi



Copyright © 2018 Pemerintah Kota Binjai