Kadis Pendidikan Binjai : Siap Mengoptimalkan Dunia Virtual Dalam Berkarya

PUBLISH pada Tanggal 22 Februari 2021

Di Posting Oleh: Administrator

Binjai (Diskominfo)

Kepala Dinas Pendidikan Sri Ulina Ginting menghadiri syukuran Milad Kosambi ( Komunitas Sastra Masyarakat Binjai ) yang ke-2 di Jalan Palembang No. 16 Kelurahan Rambung Timur, Kecamatan Binjai Selatan, Sabtu (20/02/2021). 

Acara di mulai pukul 10.00 wib sampai dengan selesai. Kegiatan ini menghadirkan musikalisasi puisi, pembacaan puisi, penayangan testimoni para tokoh dan sahabat Kosambi, anugerah sastra Kosambi, pertunjukan teater anak menampilkan teras budaya dengan judul hikayat datuk landak (diangkat dari cerita rakyat bahorok ).

Turut hadir pendiri Kosambi Dr. Tengku Suhaimi SH. MH (Tsi Taura), Suyadi San , H. M. Yunus Tampubolon, Ketua Kosambi Sarifuddin Lubis M. Pd, Sastrawan Sumatera Utara Forman Wilson Manalu, dan para pengurus Kosambi Kota Binjai.

Dalam sambutan nya, Sri Ulina mengucapkan rasa bangganya kepada pendiri dan rekan-rekan pengurus Kosambi.

"Selamat ulang tahun Kosambi yang ke-2, semoga semakin menginspirasi dan sukses mewujudkan cita-cita mulia yang dipersembahkan untuk masyarakat Sumatera Utara, yaitu khususnya Kota Binjai sebagai episentrum Sastra di Indonesia", ujar Sri Ulina.

Sri Ulina mengatakan selama pandemi covid 19, Studio Kosambi telah membuat beragam kegiatan yang selalu variatif dalam pelaksanaannya, membuat pengurus harus terus kreatif menemukan pola-pola baru dalam mengeksekusi program menjadi satu sajian karya sastra yang mampu menyentuh hati publik. 

"Tetap pada tujuan Kosambi yaitu menggali dan menumbuhkembangkan potensi sastra generasi muda di Kota Binjai. Selama Pandemi Covid 19 , kami pengurus Kosambi akan siap membuat berbagai upaya kreatif sebagai cara untuk mengoptimalkan dunia virtual dalam berkarya", jelas Sri Ulina.

Sementara itu pendiri sekaligus penasehat Kosambi Dr. Tengku Suhaimi SH. MH (Tsi Taura), mengatakan Kosambi ini hadir untuk memberikan perhatian dan kepeduliannya pada seniman-seniman di Sumatera Utara.

"Ucapan terimakasih saya kepada Pemerintah Kota Binjai dalam hal ini diwakilkan oleh Ibu Sri Ulina yang telah mendukung kegiatan ini dengan syarat tetap mematuhi protokoler kesehatan", ucap Dr. Tengku Suhaimi SH.MH

"Dua Tahun sudah kami membangun Kosambi. Banyak warna warni dalam perjalanannya, terutama di Sumatera Utara. Terpenting kami hadir dan ada bukan sekedar untuk meramaikan, lebih dari itu Kosambi memiliki visi yang mulia. Kami bercita-cita ingin menumbuhkembangkan potensi sastra generasi muda Sumatera Utara khususnya di Kota Binjai", sambungnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kosambi Sarifuddin Lubis menyampaikan Kosambi masih sangat muda untuk diterpa wabah yang efeknya dapat mengunci seluruh aktifitas seni karena mampu menciptakan kerumunan. Hal ini menjadi keistimewaan tersendiri bagi perjalanan kreatif Kosambi.  Setiap bulan bahkan kadang seminggu sekali Kosambi melahirkan kegiatan-kegiatan sastra yang menginspirasi. Menurutnya, di sini kita bisa mengeksplorasi kearifan lokal yang terdapat disekitar wilayah Binjai-Langkat, sekaligus merawat jati diri anak bangsa.

"Setelah Syukuran Milad ini,  kami akan meluncurkan satu kegiatan terbaru, Pusat Arsip dan Dokumentasi. Kegiatan ini akan difokuskan di Perpustakaan Kosambi yang kini telah mengoleksi 30.000 jenis buku. Dari sini nanti akan lahir Kelas Baca, Kelas Menulis, Kelas Workshop, dan Kelas Diskusi", ungkapnya. 

Publish by admin 43 Views



Komentar Anda


Berita Populer

GPR KOMINFO


Contact US



Lokasi



Copyright © 2018 Pemerintah Kota Binjai