Walikota Binjai Panen Ikan Lele dan Gurami

PUBLISH pada Tanggal 30 November 2020

Di Posting Oleh: Administrator

Binjai (Diskominfo)

Walikota Binjai, HM. Idaham,SH.,M.Si didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Binjai, Agustawan Karnajaya serta Camat Binjai Timur, Hadriansyah Putra Pohan panen ikan lele dan gurami di kolam milik Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Usaha Bersama di Jl. Danau Poso, Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Kamis (26/11/2020).

"Kami sebagai pelaku Pokdakan Usaha Bersama selalu terus berjuang untuk membudidayakan ikan patin, gurami,nila dan lele apalagi ditengah pandemi Covid 19 yang mana dampaknya cukup besar dirasakan", ujar Apri Syabima selaku pemilik Usaha Bersama dalam sambutannya.

Dikesempatan itu Apri juga mengajak para pelaku usaha perikanan di seluruh kota Binjai untuk bersama-sama memajukan perikanan kota Binjai sehingga kedepan kota Binjai bisa semakin maju dan dikenal disetiap daerah lainnya.

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian kota Binjai Agustawan Karnajaya mengatakan tahun ini akan ada paling tidak sebanyak 6 kelompok pembudidaya ikan kota Binjai akan mendapatkan sertifikat dari pemerintah pusat bagi peternak ikan yang baik.

"Itu merupakan kemudahan, mana tau bapak-bapak mendapatkan pesanan dari kabupaten/kota lain dengan sertifikat ini sudah bisa dijamin paling tidak dari segi teknisnya bahwa benih ikan yang ada di kota Binjai memang sehat dan layak untuk dibudidayakan", ujar Agustawan.

Walikota Binjai, HM. Idaham,SH.,M.Si mengaku bersyukur dan mengucapkan terimakasih karena bisa memanen ikan bersama dengan Pokdakan Usaha Bersama.

"Pertama saya ucapkan terima kasih atas undangannya pak. Yang senang ya seperti ini pak, undangannya panen. Karna yang banyak saya diundang itu saat pelepasan bibitnya saja", kata Idaham.

Selanjutnya, Idaham mengatakan budidaya perikanan di kota Binjai khususnya perikanan darat semakin meningkat dan juga ada beberapa petani penangkar bibit ikan yang sudah mulai melakukan inovasi.

"Saya rasa ini sangat penting buat kita karena dari beberapa indeks inflasi daerah kebutuhan akan ikan itu merupakan bagian terpenting untuk kita", ujar Idaham.

"Kita kan baru hampir menyediakan hanya sekitar 5% dari kebutuhan kota. Ikan kita banyak datang dari luar terutama ikan dari laut. Kita berharap perikanan darat kita semakin maju dan lebih baik lagi", lanjutnya.

Idaham juga berpesan kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian agar bisa tetap berkoordinasi yang baik dengan pelaku pembudidaya dalam peningkatan baik untuk penyediaan benih, makanan dan pasca panen mereka.

Publish by admin 129 Views



Komentar Anda


Berita Populer

GPR KOMINFO


Contact US



Lokasi



Copyright © 2018 Pemerintah Kota Binjai