GUBERNUR SUMATERA UTARA LAUNCHING APLIKASI “SIGUM” YANG DITERAPKAN PEMERINTAH KOTA BINJAI

PUBLISH pada Tanggal 08 Juni 2020

Di Posting Oleh: Administrator

Diskominfo Binjai - Untuk mengatasi kendala dalam pengajaran di masa pandemi Covid - 19, Pemerintah kota Binjai kini memiliki aplikasi Sistem Informasi Guru Mengajar (SIGUM). "Aplikasi ini merupakan ide dari Bapak Walikota Binjai H. M. Idaham, S.H, M.Si, agar dibuat aplikasi pengajaran daring yang intinya agar kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung".

Aplikasi ini diharapkan dapat memberi kesempatan bagi guru dan murid agar dapat berinteraksi sama seperti biasanya dalam proses belajar mengajar walaupun dilakukan secara daring. Hal tersebut disampaikan Wali kota Binjai, H.M.Idaham, SH, M.Si dalam Launching Aplikasi SIGUM bersama dengan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi melalui video conference di ruang Binjai Command Center, Senin (08/06/2020)

Walikota Binjai menjelaskan bahwa akibat dampak dari pandemik covid-19, kita tidak bisa berdiam diri, harus melakukan perubahan. Ini bagian dari New Normal yang suka atau tidak suka harus kita lakukan.

Idaham menjelaskan mekanisme proses belajar mengajar melalaui aplikasi SIGUM akan dilakukan per masing-masing kelas dimana nanti masing-masing guru akan mengajar dikelasnya sesuai dengan jadwal yang susah ada. Jadi melalui aplikasi SIGUM ini kepala sekolah dapat memantau/melihat guru itu mengajar atau tidak.

Selain dapat digunakan untuk tingkat SMA, aplikasi SIGUM ini juga dapat digunakan untuk tingkat SD dan SMP serta diberikan secara gratis oleh Pemko Binjai.

“Tanggung jawab kita bersama agar anak kita belajar dan tidak ketinggalan pelajar. Kita berharap aplikasi SIGUM ini bisa benar-benar membuat sistem belajar mengajar sama seperti biasa”, kata Idaham.

Pak Walikota juga mengatakan bahwa paling cepat sekolah baru dibuka akhir tahun, dan walaupun SMA/SMK tidak lagi menjadi tanggung jawabnya, namun beliau tidak ingin ada loss generation (Putus Generasi) dikarenakan putus belajar akibat pandemik covid-19.

Pada kesempatan ini Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi mengucapkan terima kasih kepada Walikota Binjai karena tetap memfasilitasi kegiatan hari ini. Gubernur mengatakan bahwa ini merupakan pertama kalinya melihat pembelajaran daring, dan mengapresiasi setinggi tingginya atas kesigapan Pemerintah Kota Binjai dalam memfasilitasi anak-anak agar tetap bisa belajar di tengah pandemic covid-19 ini serta akan menginstruksikan kepada 32 Kab/Kota untuk melaksanakan pembelajaran daring seperti ini. Jelas Edy Rahmayadi.

Tidak lupa Gubernur Sumatera mengucapkan selamat ulang tahun kepada Walikota Binjai Bapak H. Muhammad Idaham, S.H, M.Si yang saat ini berulang tahun ke 55 Tahun. Semoga panjang umur, selalu diberi kesehatan, dan keberkahan. Amin.

Hadir pada acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Binjai Ibu Hj. Lisa Andriani M.Idaham, S.Psi  Kepala Dinas Kominfo kota Binjai H. Ahmad Ilham, SH, MAP, Kepada Dinas Pendidikan Kota Binjai Sri, Ulina Ginting, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Cabang Kab. Langkat dan Kota Binjai Ichsanul Arifin Siregar,S.STP dan para kepala SMA dan SMK Negeri di wilayah Binjai/Langkat.

Publish by admin 372 Views



Komentar Anda


Berita Populer

GPR KOMINFO


Contact US



Lokasi



Copyright © 2018 Pemerintah Kota Binjai