Pembukaan Musrenbang RKPD Kota Binjai Tahun 2021

PUBLISH pada Tanggal 17 April 2020

Di Posting Oleh: Administrator

Pembukaan Musrenbang RKPD Kota Binjai Tahun 2021

Humas Pemko

Walikota Binjai H. M. Idaham, SH. M.Si bersama Ketua DPRD Kota Binjai H. Noor Sri Alam Syah Putra, ST dan Sekdako Binjai M. Mahfullah P. Daulay, S.STP. M.Ap serta Ka. Bappeda M. Yusrizal, S.STP resmi membuka Musrenbang RKPD Kota Binjai 2021 yang dilaksanakan secara Live Video Conference dengan Aplikasi Zoom ke seluruh peserta rapat di BCC. Pesertanya adalah Gubernur Sumatera Utara yang diwakilkan Ka. Bappeda Provsu Dr. Ir. Hasmirizal Lubis, M.Si, Ka. OPD Kota Binjai, Camat dan Lurah se-Kota Binjai. Rabu, 16/04/2020.

Adapun Tema RKPD Kota Binjai Tahun 2021 adalah "Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Kota Binjai yang Lebih Berdaya Saing dan Berbasis Industri Kreatif Menuju Binjai yang Mandiri."  Dengan Prioritas Pembangunan Kota Binjai Tahun 2021 yakni :
1. Peningkatan Perekonomian Masyarakat Kota;
2. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia;
3. Melanjutkan Pembangunan Infrastruktur yang Mendukung Pertumbuhan Ekonomi;
4. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik; dan
5. Mendukung Program Pemerintah Provinsi dan Nasional.

"Musrenbang ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rancangan pembangunan sehingga pencapaian kesepakatan terhadap rancangan RKPD Tahun 2021 yang telah disusun Pemko Binjai" papar Hasmirizal

Pandemik Covid 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia pada awal tahun 2020 mengakibatkan Pemerintah mengambil kebijakan refocusing dan realokasi anggaran sehingga banyak pengalihan mata  anggaran yang tidak strategis dan mendesak pada tahun 2020 untuk membiayai penanggulangan Covid 19 termasuk APBD Kota Binjai Tahun 2020.

"Saya mintak kepada Saudara Walikota Binjai beserta Jajaran agar lebih teliti dan melihat skala prioritas. Disamping itu juga Kami meminta kepada Saudara Walikota untuk meningkatkan pengawasan dan keterbukaan terhadap refocusing atau realokasi anggaran tersebut agar tidak menjadi bahan pembicaraan atau menimbulkan kecurigaan masyarakat atau pihak-pihak tertentu mengingat situasi dan kondisi daerah kita ini tengah menghadapi tahun politik" kata Ketua DPRD Kota Binjai.

Pemko Binjai telah melakukan dan melaporkan refocusing anggaran kepada Mendagri. 
"Refocusing yang dilakukan Pemko pada intinya adalah  memotong semua anggaran aparatur pemerintahan terutama perjalanan dinas hampir 75 %, belanja pakaian, belanja-belanja seperti mengikuti pamaeran dll sehingga hampir sudah tidak ada lagi kegiatan seremonial yang kami lakukan" kata Idaham.

"Saya berharap musrenbang tahun ini adalah musrenbang yang paling strategis menentukan dan butuh kejelian dan ketelitian kita agar perencanan pembangunan 2021 benar-benar merupakan angaran yang bisa memulihkan keadaan dan sekaligus bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi dan bisa menimbulkan lapangan kerja dan pertumbuhan UKM" tambahnya.

Publish by admin 210 Views



Komentar Anda


Berita Populer

GPR KOMINFO


Contact US



Lokasi



Copyright © 2018 Pemerintah Kota Binjai