Walikota Lepas Keberangkatan 297 Calhaj Binjai

Binjai, (Humas)
 
Walikota Binjai HM Idaham SH MSi melepas keberangkatan 297 calon haji (calhaj) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 15 di Pendopo Umar Baki Jalan Veteran Kelurahan Tangsi Kecamatan Binjai Kota, Rabu 17/9), sore.
 
Keberangkatan para jemaah calon haji diiringi dengan kumandang suara azan dan isak tangis dari para kerabat yang melepas kepergian 297 calon haji Kota Binjai.
 
Walikota dalam arahannya mengatakan, Kota Binjai kembali memberangkatkan tamu Allah, untuk tahun 2014 tercatat sebanyak 297 calhaj asal Kota Binjai.
 
“Saya atas nama pribadi, keluarga, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai dan seluruh masyarakat Binjai mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji, seluruh calhaj adalah duta Kota Binjai, yang akan mendoakan kita ini agar tetap mendapat perlindungan dari Allah,” ucap Idaham.
 
Dikatakannya, berdasarkan informasi yang diterima, tahun ini adalah tahun terpanas di Mekkah dan Madinah, dimana suhunya mencapai 56 derajat celcius.
 
“Saya berpesan kepada seluruh calhaj Kota Binjai untuk dapat menjaga kesehatan, menjaga kebersamaan dan harus saling tolong-menolong, karena sudah pasti akan mengalami perubahan cuaca dan iklim disana nantinya didalam menjalankan ibadah haji sangat dibutuhkan stamina yang kuat, agar dapat menjalani seluruh rukun yang harus dikerjakan,” kata Idaham.
 
Tahun ini Pemko Binjai akan menanggung biaya makan siang selama 14 hari di Mekkah untuk seluruh calhajnya, dan juga menyediakan obat-obatan yang telah dititipkan tenaga medis.
 
“Saya pribadi bersedekah dan telah saya titipkan kepada Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan yang juga ikut melaksanakan ibadah haji, yaitu menyediakan bus untuk seluruh calhaj Kota Binjai, untuk memudahkan calhaj berziarah di Mekkah dan Madinah, semoga bermanfaat,” harapnya,”

 
Walikota Binjai sangat terharu saat melepas keberangkatan calhaj, beliau menitipkan salam dan minta didoakan agar dapat menjadi seorang pemimpin yang mampu menjaga amanah, untuk tetap memiliki iman yang kuat agar mampu membangun dan menjaga Kota Binjai.
 
“Saya berdoa agar seluruh calhaj Kota Binjai selalu diberi kesehatan dan keselamatan, sehingga seluruhnya dapat kembali ke Kota Binjai dalam keadaan sehat dan memperoleh gelar haji yang mabrur,” harapnya.
 
Perwakilan Kementrian Agama Kota Binjai dalam laporannya, mengatakan jamaah calhaj Kota Binjai tergabung ke dalam kloter 15, yang berjumlah 440 orang, berasal dari Kota Binjai sebanyak 297 orang, Tanjung Balai sebanyak 83 orang dan Kota Medan sebanyak 53 orang.
 
Calhaj Kota Binjai tertua laki-laki berusia 86 tahun, wanita berusia 82 tahun, calhaj termuda laki-laki berusia 21 tahun dan termuda wanita berusia 19 tahun.
 
Jadwal keberangkatan kloter 15 pada Kamis (18/9) pukul 16.30 WIB dari Kuala Namu Internatinal Airport (KNIA), dan dijadwalkan kembali ke Kota Binjai pada 27 Oktober pukul 07.50 WIB.
 
Ketua MUI Kota Binjai M Djamil, mengucapkan selamat jalan kepada seluruh calhaj Kota Binjai. Ibadah haji adalah sebuah perjalanan yang paling mulia, perjalanan yang paling indah.
 
“Semoga seluruh calhaj Kota Binjai dipermudahkan segala urusannya dalam menjalankan ibadah haji, dan sepulangnya ke tanah air menajdi haji yang mabrur ,” harapnya.