Walikota Gelar Audensi Dengan Paskibraka 2014

Binjai, (Humas)

Menjelang dua pekan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 69 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2014, Walikota Binjai HM Idaham SH MSi menggelar audensi dengan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bertempat di Aula Pemerintah Kota (pemko) Binjai, Kamis (7/8) pagi.

Dalam arahannya Walikota meminta kepada seluruh Paskibraka Kota Binjai tahun 2014 untuk dapat menanamkan rasa cinta kepada Bangsa dan Negara di dalam diri masing-masing. Karena tanpa adanya rasa cinta akan sulit untuk berkorban untuk Bangsa dan Negara.

“Sebagai pengibar bendera kalian harus memahami nilai-nilai sejarah yang luar biasa dengan mengorbankan jiwa dan raga para pahlawan dalam memperebutkan kemerdekaan, sehingga nilai pengibaran bendera itu sangat sakral,” tegas Idaham.

Atas nama pribadi, keluarga dan Pemko Binjai, Walikota mengucapkan selamat kepada para Paskibraka Kota Binjai tahun 2014 yang terpilih terpilih, beliau meminta para Paskibraka untuk dapat belajar menjadi seorang pejuang bangsa dan seorang intelektual Kota Binjai yang akan membangun dan memimpin Bangsa Indonesia pada 2040 dimana Indonesia genap merdeka 100 tahun.

“Setelah selesai menjalani pelatihan nantinya kami berharap kalian bisa menjadi generasi muda Kota Binjai yang berkualitas dalam segala hal terutama di bidang pendidikan, sehingga Kota Binjai memiliki Sumber Daya manusia (SDM) yang mampu bersaing untuk bisa menjadi generasi muda yang mandiri dan bertanggungjawab untuk memimpin bangsa ini kedepannya,” harap Idaham.

Sebelum mengakhiri arahannya Walikota berpesan kepada para anggota Paskibraka untuk dapat bertanggungjawab atas amanah yang telah diberikan sebagai anggota paskibraka tahun 2014 dan kepada para pelatih Walikota sangat mengapresiasi karena telah mau mengorbankan tenaga dan fikiran untuk melatih anggota Paskibraka.

Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Kadispora) Kota Binjai Drs Eka Edi Syahputra dalam laporannya menjelaskan jumlah anggota Paskibraka Kota Binjai tahun 2014 sebannyak 61 orang terdiri dari 39 orang putra dan 22 orang puti.

Dimana seluruh anggota Paskibraka tersebut adalah siswa dan siswi yang berasal dari seluruh pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat Kota Binjai.

Dikatakannya sebanyak 250 pelajar terdaftar mengikuti seleksi Paskibraka Kota Binjai tahun 2014 yang seleksinya telah dilaksanakan pada 29-30 April lalu, yang diikuti 30 pelajar tingkat SMA sederajat Kota Binjai.
Eka mengatakan selama menjalani pendidikan dan pelatihan yang telah dimulai pada 1 Agustus seluruh anggota Paskibraka diasramakan di BKD Kota Binjai. Anggota Paskibraka akan dibekali dengan materi-materi kedisiplinan mental, fisik, diberi pengarakan oleh BNN, pramuka dan KNPI.

Seluruh anggota Paskibraka akan dilatih oleh anggota Arhanuds dan anggota Kodim 0203/Langkat dibantu 3 orang purna Paskibraka Kota Binjai. Setiap harinya seluruh anggota Paskibraka selalu di pantau kesehatannya oleh tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kota Binjai.

“Selepas melakukan pengibaran bendera nantinya mereka akan dibawa berekreasi ke luar kota, karena selama satu bulan telah menjalani pendidikan dan pelatihan,” kata Eka.