WaliKota Dukung Pembangunan Miniatur Etnis Di Binjai

Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, MSi, berharap pembangunan rumaha adat dari berbagai etnis  yang ada di kota Binjai bisa terbangun.. "  Miniatur rumah adat dari berbagai etnis di Binjai, dapat dijadikan objek wisata, apalagi di rumah adat itu mampu menampilan nilai sejarah," ujarnya, saat meninjau pembangunan rumah adat melayu di Jalan Jambi ,  Kelurahan Rambung Barat, Senin ( 29/4). Pembangunan rumah adat melayu oleh Mabmi Kota Binjai, menurut Ketua H. Fadlan, SH, MH, bahannya didatangkan dari Tamohon. Pembangunan itu seluruhnya mempergunakan kayu dengan sistim bisa bongkar pasang dan menghaiskan dana sekitar Rp. 450. juta.

Ketua Mabmi Kota Binjai H. Fadlan, SH, MH , menjelaskan, pembangunan rumah adat melayu yang kini mencapai 70 persen, direncanakan sebagai sarana peningkatan seni budaya, dan tempat bermusyawarah pengtua adat dan mabmi, " sehingga melayu tidak hilang di bumi" ujar Fadlan. Idaham, mengemukakan, pembinaan seni budaya tradisional dan modren bagi generasi muda sangat mutlak diturunkan kepada generasi muda. Wali Kota HM Idaham mengemukakan, jika seluruh etnis mempunyai rumah adat dan mengisi sejarah adat serta seni budaya, akan menjadi minatur etnis di kota Binjai dan akan di kunjungi wisata baik lokal maupun luar negeri.

Wali Kota Binjai sanagat berharap pengurus etnis , terutama melayu yang sudah membangun rumah adat, berusaha mencari berbagai sejarah melayu untuk perpustakaan yang bisa dijadikan objek pendidikan dan wisata." Jika hal itu bisa didapat, orang tidak lagi mencari ke negeri Belanda, tetapi ke Binjai, ujar Idaham.