Walikota dan LSM Peka Tanam 2 Ribu Pohon di DAS Bingai

Binjai,
 
Mengingat pentingnya menjaga kelestarian lingkungan demi keberlangsungan kehidupan , khususnya Daerah Aliran Sungai (DAS), Pemerintah Kota (Pemko) Binjai bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Kelestarian Alam (Peka) menanam dua ribu pohon sengon di sepanjang aliran sungai Bingai, bertempat di Perumnas Berngam Kecamatan Binjai Kota, Kamis (19/12).
 
Menjaga kelestarian alam sudah menjadi tanggung jawab kita semua, salah satu pelestarian alam yang dapat kita lakukan yaitu menanam pohon di aliran sungai, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya erosi.
 
“Kita ketahui bersama Perumnas Berngam berada di dataran yang rendah, satu kawasan yang sangat baik kita lakukan pelestarian, sebelumnya Pemko juga telah membuat taman kota disini,” ucap Walikota Binjai HM Idaham SH MSi
 
Pohon sengon yang ditanam selain bermanfaat untuk menjaga kelestarian di DAS juga memiliki banyak manfaat untuk masyarakat, kayu yang dihasilkan dari pohon sengon memiliki kualitas yang sangat baik.
 
“Andai semua DAS sungai kita ditanami pohon sengon, otomatis 5 tahun mendatang Binjai bisa menajdi penghasil kayu dan tentunya akan membawa dampak positif untuk masyarakat dan menambah pendapatan masyarakat,” katanya.
 
“Kami berharap, Binjai  menjadi kota yang lebih maju, masyarakatnya merasa nyaman tinggal di Kota Binjai, mari bersama-sama kita bangun kota ini, kita wariskan lingkungan yang hijau kepada generasi penerus kita,” harap Idaham.
 
Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh masyarakat, mari sama-sama kita rawat dan jaga sungai, jangan membuang sampah di sungai, tanamkan dalam diri untuk mencintai lingkungan.
 
“Kita harus merubah image yang selama ini LSM adalah orang yang selalu bertentangan dengan Pemerintah, namun sekarang kita dapat membuktikan bahwa LSM dengan pemerintah adalah mitra,”tegas Idaham.
 
Ketua LSM Peka Iskandar Paloh mengatakan, dengan program penanaman pohon di DAS sungai Bingai merupakan bukti bahwa Walikota sangat konsen dan peduli terhadap pelestarian lingkungan.
 
“Masih ingat di benak kita ketika banjir pada tahun 1997 meluluhlantahkan kawasan komplek perumahan berngam, menelan korban jiwa dan harta benda, peristiwa itu jangan sampai terulang kembali,” tegasnya.
 
LSM Peka memandang perlu untuk segera melakukan penanaman pohon d DAS Bingai, untuk itu kami mengimplementasikan dan mewujudkan kepedulian dengan menanam 2 ribu pohon sengon.
 
LSM Peka tidak bekerja sendiri dalam melaksanakan program ini, tetapi dibantu dengan kelompok tani yang sudah dibentuk yaitu kelompok swadaya masyarakat berngam lestari, yang akan menjaga dan merawat pohon sampai tumbuh.
 
Dijelaskannya, untuk merangsang kepedulian kelompok terhadap lingkungan, maka LSM Peka akan mendampingi dengan berbagai kegiatan pelatihan baik pelatihan tentang penyadaran lingkungan maupun kegiatan pelatihan peningkatan perekonomian masyarakat.
 
Penanam pohon turut di hadiri beberapa SKPD dan anggota pramuka dari Yayasan PABA Binjai