Walikota Buka Pelatihan PengrajUsaha Pembuatan Tusuk Sate, Potensi Peluang Pasar Yang Besar

Binjai,
 
Pemerintah Kota (Pemko) Binjai bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Binjai, menggelar pelatihan pengrajin bambu, bertempat di Badan Diklat jalan WR Mongonsidi Kecamatan Binjai Kota, Selasa (28/10).
 
Dalam arahannya Walikota Binjai HM Idaham SH MSi mengatakan pelatihan pengrajin bambu khususnya pembuatan tusuk sate bertujuan untuk membantu pencapaian ekonomi real masyarakat.
 
Ia menjelaskan, saat ini permintaan pasar akan tusuk sate sangat besar, setiap bulannya permintaan tusuk sate bisa mencapai 2 ton, sementara produksi yang bisa dihasilkan pengrajin tususk sate hanya 100 kilo gram per bulannya.
 
“Sudah sangat jelas pengrajin tusuk sate memiliki potensi peluang pasar yang sangat tinggi, karena permintaan pasar yang banyak dan sampai saat ini belum dapat terpenuhi,” tegas Idaham.
 
Peserta yang mengikuti pelatihan pengrajin bambu kebanyakan kaum ibu, bertujuan agar para ibu rumah tangga dapat membantu perekonomian demi membantu menopang kebutuhan ekonomi keluarga, sehingga dapat meningkatkan penghasilan usaha kecil menengah.
 
Pembuatan tusuk sate sangat mudah, tidak memakan banyak waktu, dengan modal yang terjangkau dan efisien.
 
Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Perdagangan Kota Binjai T Syarifuddin dalam laporannya mengatakan peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 100 orang berasal dari 4 kecamatan yang ada di Kota Binjai.
 
Adapun tujuan pelatihan tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan di bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) serta membantu meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat. Dengan mengangkat tema “kita wujudkan kesejahteraan keluarga berbasis ekonomi mandiri”.
 
Peserta yang mengikuti pelatihan akan diberikan alat pengolah tusuk sate beserta bahan bakunya yaitu bambu, jadi peserta tidak perlu mengeluarkan modal dan hasilnya akan langsung dipasarkan.
 
Turut hadir pada acara pelatihan pengrajin bambu Ketua Dekranasda yang juga Ketua TP PKK Kota Binjai Lisa Andriani Idaham.