WALIKOTA BINJAI TEPUNG TAWARI JAMA’AH HAJI

Binjai, Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, menepung tawari Jamaah  Haji kota Binjai 2013 di Pendopo umar Baki, Jum’at (22/11). Jama’ah Haji kota Binjai berjumlah 246 orang pada kloter 11 tiba di tanah air 2 November 2013.   Hadir Kakan Kemenag Dr. H. Al Ahyu selaku Kepala Staf Penyelenggara Haji, Sekdako H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, Ketua Tp. PKK Ny. Lisa Andriani H.M. Idaham.

Walikota Binjai mengatakan Jama’ah Haji merupakan tamu Allah . Perjalanan Haji bukan perjalanan biasa, perjalanan Haji dapat dinaikan dan diturunkan derajatnya. Untuk pertama kali Jama’ah Haji asal Binjai dapat melaksanakan wukuf  dalam satu lokasi, hal ini sangat baik  dan membahagiakan. Walikota meminta kepada para calon Jama’ah Haji yang telah menyetor biaya perjalanan untuk bersabar nantinya. Hal ini karena kebijakan Pemerintah pusat dengan pemotongan kuota Haji kota Binjai akan menunggu hingga 12 tahun untuk dapat berangkat ke tanah suci. Kerjasama Pemko Binjai, kantor Kemenag, bank penerima setoran Haji, dan penyelenggara selama ini sangat baik dan terus ditingkatkan dimasa mendatang.

Kakan Kemenag kota Binjai Dr. Al Ahyu mengatakan sebanyak 3.257 orang telah mendaftar calon Haji dan diperkirakan dapat berangkat hingga tahun 2023. Binjai telah meperoleh 2 orang untuk TPHD yang sebelumnya 1 orang. Terimakasih kepada Pemko Binjai yang telah memberikan 1 unit mobil operasional dalam penyelenggaraan Haji. Juga ucapan terimakasih Pemko Binjai telah menyediakan bus untuk keberangkatan Haji ke asrama Haji dan menuju bandara.

Kegiatan tepung Tawar Jama’ah Haji juga diisi Tauziah oleh Al Ustadz Drs. H. Mhd Yamin . Beliau mengatakan bahwa amal Abdol adalah amal beriman pada Allah SWT dan pada Rasul. Iman bukan sekedar lisan namun dengan implementasi. Makna Jihad jangan direduksi . Jihad bukan fisik saja. Jihad bermakna luas bukan berperang saja. Jihad dapat dilakukan dengan potensi akal, pikiran dan perbuatan dengan mengharap ridho Allah. Berjihad dengan potensi sebagai pejabat, pedagang dan sebagainya. Beliau mengajak semua Jama’ah Haji menjadi Haji yang Mabrur yang merupakan impian semua orang. Untuk memperoleh Haji Mabrur dimulai dari pra keberangkatan.dengan niat ikhlas. Begitu juga dalam menjalankan ibadah Haji di tanah suci banyak godaan, harus bersabar, fisik yang kuat. Begitu juga setelah tiba di tanah air Jama’ah Haji dapat menunjukan perilaku yang teladan ditengah-tengah masyarakat imbuh nya.