WALIKOTA BINJAI TANDA TANGANI KEPUTUSAN BERSAMA TENTANG PETUNJUK TEHNIS PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN

Binjai, Kamis, 17 Januari 2013, Walikota Binjai, H. M. Idaham, SH, M.Si, menanda tangani Keputusan Bersama Tentang Petunjuk Tehnis Pengembangan Dan Pengelolaan Sistem Informasi Untuk Akses Data di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jl. Iman Bonjol Medan. Pada Acara Penanda Tanganan ini juga diiukuti oleh Bpati Karo, Bupati Serdang Bedagai, Bupati Samosir, Bupati Simalungun, Bupati Tapanuli Utara, Bupati Asahan.
 
Kepala Perwakilan BPK RI Medan , Muktini mengatakan bahwa, Penanda tanganan Keputusan Bersama tentang Petunjuk Tehnis Pengembangan Dan Pengelolaan Sistem Informasi Untuk Akses Data merupakan kelanjutan dari Kesepahaman Bersama yang diikuti oleh 33 Kepala Daerah se Sumatera Utara pada tanggal 12 Juli 2012.
 
Lanjut Muktini BPK RI Medan sebagai upaya nyata dalam keputusan ini adalah dengan menyediakan berupa perangkat lunak yang berfungsi untuk pengiriman data secara periodik. Muktini mengatakan bahwa MOU ini belum mengatur secara rinci untuk akses data karena hal ini masih diperlukan petunjuk tehnis yang dipedomani. Adapun prosedur akses data dan tanggungjawab pembangunan berprinsip :
 
1.      Pengamanan Data yang bersifat rahasia
2.      Tidak membebani entititas Pemko dan Pemkab karena semua biaya ditanggung oleh BPK RI
3.      Tranfaransi dalam proses perolehan data atas dasar kesepahaman, fleksibel dan mengikuti perkembangan
4.      Bersifat berkelanjutan yang berlaklu untuk jangka pendek dan jangka panjang.
 
Dalam pertemuan ini juga dilanjutkan dengan pengenalan berupa bagaimana dalam Pengambilan data ataupun penarikan data oleh Tim Audit BPK RI Medan.