WALIKOTA BINJAI SERAHKANKAN BANTUAN OPERASIONAL KEPADA BILAL MAYIT DAN PENGGALI KUBUR SE- KOTA BI

Binjai, Selasa,18 Desember 2012, Walikota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si, menyerahkan Bantuan Operasional kepada Bilal Mayit dan Penggali Kubur se- kota Binjai di Pendopo Umar Baki Binjai. Walikota dalam sambutannya mengatakan bahwa, penyerahan bantuan ini merupakan bentuk perhatian, kepedulian dan rasa terima kasih Pemerintah Kota  kepada Bilal Mayit dan Penggali Kubur atas pengabdiannya selama ini membantu masyarakat serta untuk menjalin hubungan silaturrahim.
 
Walikota sangat bangga dengan tugas dan pengabdian Bilal Mayit dan Penggali Kubur sebagai amal ibadah, meskipun demikian lanjut beliau bahwa pemberian ini belum layak dan sebanding dengan tugas selama ini diberikan kepada masyarakat. Pada masa yang akan datang Pemko akan membuat program yang lebih memudahkan demi kesejahteraan Bilal Mayit dan penggali Kubur. Dalam tahun 2012 ini Pemko Binjai akan memberikan asuransi Jiwa dan asurani Kesehatan lewat Progran Kartu Sehat yang dinaungi oleh Dinas Kesehatan dan RSUD. Dr. RM. Dzoelham, sehingga para Bilal Mayit dan Penggali kubur dapat berobat dengan gratis baik di Rumah sakit pemerintah dan Puskesmas. Hal ini akan berdampak positif bagi kesehatan mereka.
 
Saat ini seluruh Puskesmas di Binjai telah menyediakan obat paten ditambah dengan obat generik senilai Rp. 500.000.000,- , karena itu masyarakat tidak perlu lagi ragu dengan pelayanan kesehatan khususnya penyediaan obat di Puskesmas. Pemko Binjai akan kembali membangun Puskesmas Rawat Inap sebanyak 2 buah yang dapat digunakan seperti pelayanan rumah sakit.
 
Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Drs. Martal dalam laporannya mengatakan bahwa Penyerahan Bantuan Operasional  Bilal Mayit  sebanyak 240 orang dan Penggali Kubur  305 orang total berjumlah 545 orang dari seluruh Kecamatan dan Kelurahan di Binjai. Adapun jumlah bantuan diberikan sebesar  Rp. 305.000,- setiap orang . Diharapkan hal ini akan memberikan motivasi dan kesejahteraan pada mereka sehingga dapat meningkatkan tugas dan tanggungjawab mereka sebagai Bilal Mayit dan Penggali Kubur.