WALIKOTA BINJAI SERAHKAN BANTUAN UNTUK BILAL MAYIT DAN PENGGALI KUBUR

Binjai, Senin (8/7) Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, memberikan biaya operasional dan memberikan kartu asuransi Jiwa dan Kesehatan untuk Bilal Mayit dan Penggali Kubur, serta menyerahkan bantuan gula, kopi dan teh untuk Mesjid dan Musholla se- kota Binjai di Pendopo Umar Baki. Pada kesempatan ini juga hadir Ketua DPRD Zainuddin Purba, SH, Kakan Kemenag Dr. H. Al Ahyu, Khairuddin Harun dan Melati dari manajemen Asuransi Bumi Putra 1912.

Walikota mengatakan bahwa pekerjaan Bilal Mayit dan Penggali Kubur merupakan pekerjaan sangat mulia dan terhormat serta penuh dengan nilai ibadah karena menyangkut dengan kepentingan orang banyak. Pemberian bantuan ini merupakan tanggung jawab dan kepedulian Pemko Binjai. Walikota mengharapkan kiranya bantuan ini dapat meningkatkan gairah dan semangat para Bilal Mayit dan Penggali Kubur dalam menjalankan tugas.

Walikota juga menambahkan bagi Bilal Mayit dan Penggali Kubur suami atau isteri akan diberikan kartu sehat untuk berobat di Puskesmas Rawat Inap dan Rumah Sakit Umum dengan fasilitas prioritas. Pemberian bantuan gula, kopi dan teh kepada Mesjid dan Musholla adalah wujud kepedulian Pemko Binjai dan kebersamaan dalam menjalin Ukhuwah Islamiah antara umat beragama dengan pemerintah Kota Binjai.

Kepala Bagian Kesra Drs. Martal, MH, mengatakan penerima bantuan operasional untuk Bilal Mayit sebanyak 317 orang dan Penggali Kubur sebanyak 283 orang dengan bantuan sebesar Rp.500 ribu setiap Penggali Kubur dan Bilal Mayit. Sedangkan bantuan kepada Mesjid dan Musholla seluruhnya 347 buah.

Kepala Bagian Pemasaran Asuransi Jiwa Bumi Putera 1912 mengatakan bahwa Program Pemko Binjai ini sangat baik dan menjadi percontohan di Sumatera Utara sebagai kebijakan pro rakyat.Dengan adanya pemberian santunan bagi ahli waris akan memberikan keringanan kepada keluarga. Adapun jumlah pemberian  untuk resiko sebesar Rp.9.500.000,- dan kecelakaan sebesar Rp.18.000.000,-