Walikota Binjai sampaikan RAPBD tahun 2014

Binjai,(Humasy)
Walikota Binjai HM Idaham SH MSi menyampaikan pengantar nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014 dalam sidang paripurna DPRD Kota Binjai, Kamis (30/1) di gedung dewan.
Sidang paripurna dipimpin ketua DPRD Zainuddin Purba SH dihadiri unsur muspida kota binjai, sekda, asisten dan staf ahli walikota dan pimpinan SKPD.

Walikota HM Idaham mengatakan jumlah anggaran pendapatan daerah pada tahun 2014 sebesar Rp 804 milyar lebih sedangkan anggaran belanja sebesar Rp 897 milyar lebih atau terdapat defisit anggaran sebesar Rp 93 miliar. Namun defisit anggaran dapat ditutupi dari surplus pembiayaan daerah.

Walikota Binjai juga memaparkan berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan antara lain di bidang kesehatan dengan meningkatnya prasarana dan sarana kesehatan serta meningkatnya mutu manajemen RSUD Dr. Djoelham dan puskesmas. KOta Binjai telah memiliki dua puskesmas rawat inap dan telah memiliki dokter spesialis obgyn,spesialis anak dan spesialis kandungan,sedangkan puskesmas Tanah Tinggi telah dilengkapi laboratorium.Pada akhir 2013 lalu RSUD Dr. Djoelham telah mendapat sertifikat ISO 9001-2008.

Dibidang pendidikan dengan menyediakan sarana pendidikan dasar sampai 9 tahun, dan pada Tahun 2013 telah berhasil mendirikan dua SMP negeri yaitu SMPN 13 dan SMPN 14. Keberhasilan dibidang pengelolaan lingkungan hidup ditandai dengan diraihnya piala adipura dan penghargaan adiwiyata tingkat nasional pada SMA Negeri 2 dan SMA negeri 5.Lampu penerangan jalan kota telah diganti dengan lampu penerangan tenaga surya. Sedangkan keberhasilan dalam penataan lalulintas ditandai dengan diraihnya penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha pada tahun 2013 lalu.

Ditambahkannya beberapa kegiatan penting yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2014 antara lain meningkatkan prasarana dan sarana jalan dan jembatan, pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana lingkungan perumahan/pemukiman,peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dengan perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana di RSUD Dr. RM Djoelham dan puskesmas -puskesmas, peningkatan prasarana pendidikan dan kualitas tenaga pendidik.

Pidato penyampaian nota keuangan RAPBD Kota Binjai oleh Walikota dilanjutkan dengan pandangan umum fraksi yaitu dari fraksi Partai Golkar, PKS dan PDIP.

Fraksi Partai Golkar malalui jurubicaranya Rini Sofyanti menyorotibesarnya Silpa anggaran tahun lalu ampir Rp 100 milyar, masih dikutipnya denda kelebihan muatan, belum adanya kepastian biaya dan waktu pengurusan izin di kantor pelayanan terpadu satu pintu kota Binjai dan lambannya pengangkutan sampah hingga menumpuk.