Walikota Binjai Sampaikan LKPJ 2015

Binjai (Bagian Humas)

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi menyampaikan nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir tahun 2015 dalam rapat paripurna DPRD Kota Binjai, di ruang rapat dewan Selasa (5/4). Rapat dipimpin ketua DPRD Zainuddin Purba dihadiri oleh anggota DPRD, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Binjai.

Menurut Walikota HM Idaham potensi sumber daya alam dan pendapatan dari pajak, retribusi dan sumber pendapatannya lainnya di Kota Binjai sangat terbatas, maka untuk menggali dan meningkatkan PAD dilaksanakan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi. Dari upaya yang telah dilaksanakan, penerimaan PAD Kota Binjai pada tahun 2015 sebesar Rp. 78,3 milyar atau meningkat 8,83 % dibanding tahun 2014 sebesar Rp. 71,9 milyar.

Walikota juga menyampaikan pencapaian positif dari pembangunan yang telah dilakukan, antara lain bidang pendidikan rata rata penduduk kota Binjai usia 15 tahun ke atas minimal telah menjalani 10,05 tahun pendidikan formal. Pencapaian ini berada di atas pencapaian provinsi Sumatera Utara yang hanya 9,1 tahun.

Pembangunan di bidang kesehatan telah berhasil meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sedangkan pembangunan bidang infrastruktur untuk meningkatkan fasilitas kota bagi kepentingan masyarakat dalam memperlancar molititas penduduk.

Dari hasil pembangunan yang telah dilaksanakan, menurut HM Idaham, menunjukkan peningkatan yang cukup baik.

“ Ini dapat dilihat dari tingkat kesejahteraan masyarakat yang meliputi hak –hak dasar yaitu pendidikan, kesehatan dan kebutuhan sosial lainnya yang semakin terpenuhi, “ kata Walikota Binjai.