Walikota Binjai Sampaikan LKPJ tahun 2013

Binjai(Humas)

Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan SE menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Walikota Binjai akhir tahun anggaran  2013  pada rapat paripurna  DPRD Kota Binjai, Selasa ( 22/4)  di ruang rapat dewan. Rapat paripurna dipimpin langsung ketua DPRD Zainuddin Purba SH dihadiri  22 orang dari   30 anggota  dewan.

Rapat paripurna turut dihadiri unsur pimpinan daerah, sekda Kota Binjai, para asisten, staf ahli, pimpinan SKPD , para camat dan lurah se-Kota Binjai.

Ketua DPRD Zainuddin Purba dalam pidato pembukaan sidang paripurna menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas telah terselenggaranya pemilu legislatif  pada 9 April lalu  secara   baik, lancar dan sukses di Kota Binjai. Tidak terjadi hal-hal yang  dapat mengganggu  ketentraman dan ketertiban  masyarakat  sehingga Kota Binjai  tetap dalam keadaan kondusif.         

Wakil Walikota Timbas Tarigan dalam pidato pengantar LKPJ mengatakan secara umum  tugas pokok dan fungsi  pemerintahan  yang diamanatkan pemerintah pusat dan DPRD Kota Binjai  telah dapat diselenggarakan sebagaimana mestinya. Keberhasilan atas  pelaksanaan  tugas  pada tahun 2013  menunjukkan  peningkatan yang signifikan  atas pertumbuhan  ekonomi Kota Binjai. Pencapaian sasaran program dan kegiatan   telah dilaksanakan secara maksimal  namun diakui oleh Timbas Tarigan tingkat keberhasilan  belum dapat diwujudkan  secara optimal.

“Kekurangan keberhasilan ini lebih disebabkan faktor eksternal organisasi antara lain adanya perubahan kondisi di lapangan  dari kondisi yang telah diperhitungkan  dalam proses perencanaan dan adanya kebijakan-kebijakan nasional yang berpengaruh terhadap kondisi daerah,” jelas  wakil walikota.

Wakil Walikota Binjai  juga memaparkan berbagai  prestasi yang diperoleh Kota Binjai  selama tahun 2013. Antara lain penghargaan Wahana Tata Nugraha   dari kementerian perhubungan, penghargaan  piala Adipura di bidang lingkungan hidup, penghargaan Manggala Karya Kencana tingkat nasional dari BKKBN  Pusat.

Sejumlah penghargaan di bidang pertanian antara lain penghargaan tanda daftar varietas hortikultura jambu air deli hijau tingkat nasional dan  penghargaan tanda daftar varietas hortikultura jambu air kesuma merah dari kementerian pertanian, penghargaan  tanda daftar  varietas tanaman manggis idaman  tingkat nasional dari kementerian pertanian. Penghargaan adiwiyata untuk SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 5 dari kementerian lingkungan hidup  dan masih banyak lagi penghargaan lainnya  baik tingkat nasional maupun propinsi.