Walikota Binjai Resmikan Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi

Walikota Binjai, HM Idaham SH MSi, hadir meresmikan pengoperasian Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi Binjai (MAB), di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kelurahan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat, Sabtu (12/3). Peresmian ditandai pengguntingan pita, dan peninjauan seluruh fasilitas dalam panti, dengan disaksikan Pimpinan Yayasan Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi Binjai, Henry Gunawan, dan jajaran pengurus lainnya.

Turut hadir, Kabid Rehabilitasi BNNP Sumatera Utara, AKBP Ahmad Zaini, Kakan Kesbanglinmaspol Kota Binjai, Janu Asmadi Lubis, Kasat Narkoba Polres Binjai, AKP Maramonang Hasibuan, Kasat Reskrim Polres Binjai, AKP bambang Herianto, Camat Binjai Barat, Abdullah Rainy, Kapolsek Binjai Barat, AKP Zakaria Lubis, Danramil 01/BK, Kapten (Inf) Johansyah.

Walikota Binjai, HM Idaham SH Msi, dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi pengoperasian Panti Rehabilitasi Mutiata Abadi Binjai, dalam menjamin ketersediaan sarana rehabilitasi alternatif bagi pecandu narkotika di Kota Binjai. Sebab menurutnya, tindak pidana narkotika saat ini merupakan jenis kejahatan khusus, yang menjadi prioritas utama Pemerintah Kota Binjai untuk diselesaikan. Terlebih, jumlah pecandu narkotika di Kota Binjai adalah yang terbanyak kedua di Provinsi Sumatera Utara, setelah Kota Medan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pimpinan yayasan dan seluruh pengurus Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi Binjai. Sebab baru inilah panti rehabilitasi resmi pertama, yang didirikan di Kota Binjai,” terangnya.

Terkait itu juga, Walikota mengimbau masyarakat, agar tidak malu dan takut melaporkan anggota keluarganya yang menjadi pecandu narkotika ke instansi terkait, sehingga bisa segera direhabilitasi. ” Dengan adanya Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi Binjai, insya’allah ini akan membantu Pemerintah dalam mensukseskan program jihad melawan narkoba, khusunya dalam menekan jumlah pecandu narkotika di Kota Binjai,” harapnya.

Selain itu Walikota mengaku, pihaknya siap bekerjasama dengan Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi Binjai, untuk membantu penyediaan tenaga pembimbing, dan pengupayaan proses rehabilitasi pecandu narkotika dari keluarga kurang mampu. Sebelumnya, Pimpinan Yayasan Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi Binjai, Henry Gunawan, didampingi Program Manager, Agusrian Syahputra, mengaku, pendirian yayasannya itu terwujud atas saran Mantan Kepala BNNK Binjai, AKBP Ahmad Zaini, terkait belum adanya lembaga resmi sejenis di Kota Binjai.

Dijelaskan Henry, Panti Rehabilitasi Mutiara Abadi Binjai, dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung, seperti ruang detoksifikasi, ruang major of duty (MOD), ruang olahraga, ruang ibadah, dan fasilitas lainnya, serta didukung lima tenaga pembimbing (conseler). ” awal saya mau buka rumah kos, namun saya berubah pikiran untuk membuka panti rehabilitas, karena ini adalah panti rehabilitas untuk yang pertama kali dikota Binjai. dan kita akan bekerja sama dengan pemrintah kota Binjai dan BNNK BInjai.(binjaicity)