WALIKOTA BINJAI RESMIKAN KUIL

Binjai, Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, meresmikan Shri Shivan Kuil Binjai di Kelurahan Timbang Langkat kecamatan Binjai Timur, Sabtu (14/9).Dalam peresmian ini hadir Dandim 0203 Letkol.Inf. Tri Saktiono. Walikota mengucapkan apresiasi dan bangga kepada umat Hindu Etnis Tamil yang telah berhasil membangun kuil dengan semangat kebersamaan. Ini membuktikan tingginya rasa kebersamaan, solidaritas dan toleransi antar umat beragama di kota Binjai.

Kota Binjai dihuni oleh multi kultural dengan berbagai suku, etnis, dan agama. Dengan keberagaman ini merupakan potensi besar untuk memajukan kota. Walikota juga mengajak umat Hindu untuk menjaga kesucian Kuil dan sekaligus memeliharanya. Walikota menegaskan bahwa Pemerintah Kota Binjai tidak mengenal kaum Mayoritas dan Minoritas. Mayoritas dan Minoritas tidak perlu diperbincangkan. Dalam kehidupan beragama semua sama mendapatkan hak dan kewajiban khususnya untuk memperoleh peribadatan. Semua bersama-sama secara bergotong-royong untuk membangun kota Binjai .

Pada kesempatan ini juga disela-sela percakapan dengan pemuda, Walikota mengajak pemuda dan remaja Hindu Tamil untuk meningkatkan perannya dan aktifitasnya di Binjai. Walikota siap membantu dan berdiri di depan untuk kegiatan yang dilakukan oleh remaja/pemuda Hindu.Seni budaya yang dimiliki etnis Tamil cukup berpotensi untuk ditampilkan untuk skala lokal maupun internasional.Beliau mencontohkan atraksi dari etnis Tiohoa sudah go internasional dan mendapat juara dengan seni Barongsainya.

Tokoh agama Hindu Tamil Dr. M. Nehru Pillay, M. Kes, dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasih kepada Pemko Binjai dan masyarakat Binjai yang telah membantu dalam pembangunan Kuil. Toleransi beragama sangat baik di Binjai . Umat beragama yang berbeda juga turut membantu pembangunannya ujarnya. Pembangunan Kuil ini dirintis sejak 1984, sehingga saat ini Umat Hindu Tamil  memiliki 2 buah Kuil yang pertama di Jl. A. Yani Binjai Kota.Kepedulian  Pemko Binjai dalam pembinaan dan pembangunan moril dan umat beragama menjadi bukti nyata berdirinya Kuil Shri Snivan. Setelah peresmian Kuil akan dilaksanakan upacara “Mana Kumbhabishegam” hingga hari Senin (16/9).