WALIKOTA BINJAI RESMIKAN HOTEL GRAHA KARDOPA

Binjai, Humasy

Jum’at (7/6) Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, meresmikan Hotel Graha Kardopa & Convention yang berada di Jalan Sultan Hasanuddin No.7E Binjai. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Walikota Binjai dan pengguntingan pita oleh ketua TP. PKK kota Binjai Ny. Lisa Andriani H.M. Idaham. Dalam peresmian ini hadir Sekdako H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, wakil Ketua DPRD Bahman Nasution, anggota DPD RI Parlindungan Purba.

Walikota Binjai dalam sambutannya mengatakan rasa terima kasih kepada Tiorida Simanjuntak yang telah membangun hotel berbintang tiga pertama di kota Binjai. Dengan adanya hotel ini Walikota berharap akan menambah fasilitas/utility kota Binjai sebagai kota sedang sekaligus menarik wisatawan.

Kota Binjai saat ini sebagai kota sedang yang sebelumnya kota Kecil, salah satu kota pengembangan kawasan  Megapolitan di Indonesia bagian barat tahun 2025 yakni meliputi: Medan, Binjai, Deli Serdang, Tanah Karo(Mebidangro). Kota Binjai akan banyak mengalami perubahan karena pengaruh multi efek atas temuan ladang minyak di Kabupaten Langkat yang sangat dekat dengan Binjai.

Tiorida Simanjuntak selaku pemilik hotel sangat beterimakasih dengan Walikota Binjai yang telah membantu dengan pemberian izin mendirikan dan pengoperasian dengan mudah dan cepat. Lanjut Tio bahwa awalnya Ia hanya ingin mendirikan bangunan “kost” namun dengan adanya masukan dari Walikota bahwa kota Binjai membutuhkan hotel yang representative untuk penginapan dan pertemuan dirasa perlu mendirikan hotel. Untuk karyawan hotel 90% adalah penduduk Binjai. Dalam mendirikan hotel ini Ia mendapat tantangan dalam hal tingkat hunian, kerabat – kerabat nya mencemooh bahwa investasi di Binjai tidak berkembang,namun dengan tekad kuat semenjak beroperasi mulai maret tingkat hunian telah mencapai 40 % dari jumlah kamar sebanyak 38 kamar.

Anggota DPD RI Parlindungan Purba mengatakan dengan adanya hotel Graha Kardopa akan memberikan nilai tambah untuk kota Binjai terutama pendapatan ekonomi, investor akan tertarik dengan adanya hotel yang layak huni ini. Ia juga meminta kepada pengelola hotel untuk terus meningkatkan manajemen pelayanan hotel.