WALIKOTA BINJAI RESMIKAN BMT EL MB3

Binjai, Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, meresmikan  gedung Baitul Maal wa Tamwil Mitra Berkah  Binjai Barat (BMT EL MB3)  di Jalan Umar Baki 306 Kelurahan Limau Mungkur Kecamatan Binjai Barat, peremian ini ditandai dengan penandatanganan Prasati oleh Walikota Binjai didampingi oleh Direktur BMT EL MB3 Awan Purnomo, SE,  Jum’at (13/9). Dalam kesempatan ini juga dibuka cabang BMT EL MB3 di Jl. T.Amir Hamzah Kelurahan Jati Karya kecamatan Binjai Utara. Hadir dalam peresmian ini Sekdako H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, Kakan Kemenag Al Ahyu, MA.

Walikota  mengatakan dengan adanya lembaga simpan-pinjam BMT EL MB3 sebagai lembaga keuangan Mikro Syariah menjadi garda terdepan dalam membantu UKM dalam permodalan. Diharapkan BMT menjadi pendamping dalam memajukan UKM dan pengembangan ekonomi kerakyatan . Pendampingan ini dalam bentuk pembinaan tenaga ahli dan ilmu pengetahuan bagi pelaku ekonomi kecil sehingga akan dapat bersaing dalam produksi dan pemasarannya.

Potensi sumberdaya alam dan sumber daya manusia sangat memungkinkan untuk pengembangan usaha kecil dan menengah di kota Binjai. Koordinasi dan sinerjisitas antara BMT, UKM dan Pemko Binjai hendak selalu terjalin satu sama lain sehingga tercapai tujuan pengembangan ekonomi dan peningkatan pendapatan usaha imbuh Walikota.

Direktur BMT EL MB3 Awan Purnomo, SE, mengatakan bahwa dari 270 pelaku BMT yang sejenis, BMT EL MB3 yang dikelolanya merupakan yang terbaik di Sumatera Utara. Dengan semakin berkembangnya pelaku usaha kecil dan kebutuhan permodalan yang terus bertambah, menjadi pendorong untuk membuka cabang baru di Kecamatan Binjai Utara.

Sebagai lembaga  Keuangan Mikro Syariah, BMT mempunyai dua sisi kelembagaan, satu sisi berorientasi keuntungan (profit) dan sisi lain berperan social (non profit) . Dalam pengelolaannya dilakukan secara profesional dengan prinsip bisnis dan sisi lain tetap membawa misi sosial dalam masyarakat. BMT sangat lah diperlukan masyarakat saat ini untuk mengangkat derajat para pengusaha kecil/mikro yang selama ini mereka sulit mendapatkan pinjaman dari Perbankan konvensional.

Dalam perismian ini juga di tampilkan artis religi Opick dari Jakarta dan Lucky Draw dengan hadiah utama perjalanan UMROH, yang di menangkan oleh nasabah wanita berusi 17 tahun.