WALIKOTA BINJAI PIMPIN RAPAT VALIDASI DATA

Binjai, Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, memimpin rapat validasi data peserta Jamkesda di Aula Pemko Binjai, Rabu (26/2). Dalam rapat ini hadir Asisten II Ekbang Drs. Hamdani Hasibuan, Asisten III Administrasi Umum Drs. H.T. Syarifuddin, M.Pd, Plt. Kadis Kesehatan dr. Meliana Bangun, Kepala Operasional BPJS Kesehatan kota Binjai Ratna Dewi Ningsih, SKM.

Walikota dalam arahannya menegaskan kepada para Camat dan Lurah untuk mendata keluarga miskin dengan sungguh-sungguh. Dalam pendataan ini Walikota meminta agar jujur menilai kriteria orang miskin, data harus objektif dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena bagaimanapun orang miskin   pantas dan wajib dibantu Negara sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945. Beliau juga menekankan agar anak-anak yang berada di Panti Asuhan diutamakan dalam pendataan.  

Adapun data orang miskin yang mendapat Jamkesda sebanyak 9000 jiwa dan data yang valid sesuai dengan by name by address harus telah masuk  ke BPJS Kesehatan awal maret demikian dikatakan Ratna Dewi Ningsih selaku kepala operasional BPJS Kesehatan kota Binjai. Dewi juga mengatakan data Jamkesda ini akan dijadikan MOU antara Pemko Binjai dengan BPJS Kesehatan kota Binjai.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan mengatakan bahwa diluar Jamkesda kota Binjai, juga telah ada Jamkesmas sebanyak 60.000 jiwa dan Jamkesda Propinsi sebanyak 7.500 jiwa yang diberikan untuk masyarakat miskin kota Binjai.