Walikota Binjai Mengukuhkan Pengurus Dewan Pendidikan Kota Binjai Periode 2012-2016


 
Binjai, Senin, 19 Nopember 2012. Walikota Binjai H.M.Idaham, SH, M.Si, mengukuhkan Pengurus Dewan Pendidikan Kota Binjai periode 2012 – 2016 di Pendopo Umar Baki. Walikota dalam sambutan mengatakan bahwa saat-saat ini kemajuan  pendidikan kita berada pada tokoh-tokoh pendidikan. Mereka adalah pendidik (guru), Kepala Sekolah dan sebagainya. Menjadi pertanyaan sekarang adalah “bagaimana pendidikan kita dan bagaimana kita memajukan pendidikan “? Hal ini lah menjadi pemikiran kita  dan menjadi tugas bersama.

Pemerintah kota akan terus berupaya membenahi dan memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan. Guru-guru sebagai tenaga pendidik akan diberikan pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan pembangunan karakter. Tenaga pendidik khususnya guru SD akan diberikan diklat materi pelajaran sehingga dapat diajarkan secara maksimal kepada muridnya. Walikota menekankan bahwa kemajuan pendidikan terletak pada pendidik. Pendidikan akan maju, bila para pendidik disiplin, beradab,menguasai ilmu pengetahuan dan memberikan perhatian secara penuh kepada pendidikan. Kepala sekolah diminta untuk dapat merawat sekolah, menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang pada giliran menjadi contoh dan panutan bagi siswa. Kepada Pengurus Dewan Pendidikan diminta untuk bekerja lebih keras dalam membangun pendidikan, karena kegiatan ini bukan hanya seremonial saja.

Beliau menggaris bawahi agar permasalahan pendidikan jangan selalu  dibawa ke ranah politik, akan tetapi dapat diselesaikan secara musyawarah. Bila ada masalah dalam pendidikan,  Walikota bersedia menerima masukan, saran, pendapat demi kemajuan pendidikan. Walikota berjanji akan mencairkan dana sertifikasi agar dapat dipergunakan para guru demi kesejahteraan.

Adapun Pengurus Dewan Pendidikan yang dikukuhkan adalah Prof. Syamsul Arifin, SH,MH sebagai ketua, Abdullah Arkam, SH sebagai sekretaris. Dalam pengukuhan ini juga hadir Kakan Kemenag Binjai Al Ahyu, Sekdako Drs.H.Iqbal Pulungan, SH, M.AP. Dalam sambutannya Prof. Syamsul Arifin mengatakan bahwa semua orang tahu bicara soal pendidikan. Untuk mewujudkan pendidikan setiap orang membutuhkan rentang waktu 20 tahun. Dewan pendidikan akan berperan penting dan bekerja secara professional. Dewan pendidikan bukan hanya sekedar cap saja.

Kepala Dinas Pendidikan, Drs, H, Dwi Anang wibowo, M.Pd selaku Ketua pelaksana pengukuhan Dewan Pendidikan dalam laporannya mengatakan bahwa dalam rangka mencapai tujuan  pendidikan Nasional diperlukan adanya dukungan dan peran serta masyarakat yang lebih optimal dalam suatu wadah Dewan Pendidikan yang merupakan lembaga mandiri yang beranggotakan berbagai unsur masyarakat yang peduli pendidikan, sehingga perlu dibentuk kembali Dewan Pendidikan Kota Binjai periode 2012-2016. Adapun sasarannya adalah semua tenaga pendidik dan kependidikan serta masyarakat.