WALIKOTA BINJAI MENGHADIRI PERINGATAN HARI IBU KE-84 KOTA BINJAI 2012

Binjai, Kamis, 20 Desember  2012, Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, menghadiri Peringatan Hari Ibu ke- 84 Kota Binjai tahun 2012 di Pendopo Umar Baki Binjai. Pidato Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak RI Linda Amalia Sari Gumelar yang dibacakan oleh Walikota Binjai, mengatakan bahwa Peringatan Hari  Ibu ke-84 tahun 2012, dilakukan untuk mengenang penyelengaraan Kongres Perserikatan Perempuan Indonesia yang pertama tanggal 22 Desember 1928 dan untuk menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia.

Melalui peringatan hari Ibu ke-84 tahun 2012 diharapkan seluruh lapisan masyarakat, baik perempuan dan laki-laki, dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan status sosial melakukan introspeksi kembali terhadap upaya dan perjuangan yang telah dilakukan kaum perempuan. Dengan semangat nilai-nilai perjuangan kaum perempuan Indonesia, dan perhatian pada aspek ekonomi untuk memperkuat Ketahanan Nasional, kita melakukan peringatan hari Ibu ke- 84 dengan tema “Peran Perempuan dan Laki-laki dalam mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan menuju kesejahteraan Bangsa”.

Melalui tema peringatan hari ibuke-84 ini, mengajak semua pihak untuk terus berjuang meningkatkan peran aktif perempuan bersama kaum laki-laki dalam membangun Bangsa, bangun kesejahteraan, dan menjalin hubungan yang erat dengan berbagai bangsa di dunia.

Pada kesempatan ini Walikota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si, dalam arahannya mengatakan bahwa beliau salut dan bangga atas keberhasilan seorang ibu Nuraini, “kita perlu mencontoh dan melestarikan keteladanan seorang ibu yang berjuang dengan membuat kue tape, dan minuman serta menjualnya keliling kota Binjai, dari jeripayah itu ia mampu menyekolahkan putra-putrinya hinggga Perguruan Tingg dan meraih sarjana 3 orang dan bekerja yang layak. Semangat dan kerja keras seorang ibu hendaknya menjadi motivasi bagi kita semua untuk tidak menyerah dalam membangun keluarga.”  Dalam acara ini dihadiri oleh Unsur Muspida Kota Binjai diantaranya  Kajari Chairuddin Sipahutar, SH, Kapolres Binjai AKBP Musa Tampubolon, Dandim 0203 Langkat Letkol.Inf. Try Saktiyono, Ketua P.Negeri Binjai Pahatar Simarmata, SH, Sekdako Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, Ketua TP. PKK, Ketua Goptki, Ketua DW.Persatuan, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Dharma wanita Adhyaksa, dan Kepala SKPD.

Ketua Panitia Peringatan Hari Ibu ke- 84 Kota Binjai 2012, Ny. Hj. Lisa Andriani M. Idaham, mengatakan bahwa maksud dan tujuan peringatan ini dilaksanakan agar seluruh warga negara Indonesia laki-laki dan perempuan khususnya generasi muda senantiasa mengenang dan menyegarkan kembali ingatan akan perjuangan kaum perempuan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kebangkitan kaum perempuan sebagai bagian yang tak terpisahkandari kebangkitan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Meningkatkan Kiprah perempuan Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan berkeluarga, masyarakat, berbangsa dan bernegara serta pembangunan nasional yang berkelanjutan, guna tercapainya tujuan pembangunan Nasional dan pembangunan Millenium Development Goals MDGs), serta terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender (KKG) antara perempuan dan laki-laki.

Sebelumnya telah dilaksanakan berbagai pertandingan dan perlombaan menyambut Hari ibu diantara tarik tambang, pertandingan bola kasti, lomba lari memakai Daster. Pada Peringatan Hari Ibu ini juga diberikan bingkisan kepada ibu hamil, Lansia Perempuan dan Penyapu Jalan.