Walikota Binjai menghadiri Hari Kesehatan Nasional ke-48 Kota Binjai

Binjai, Kamis, 22 Nopember 2012, Walikota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-48 Kota Binjai 2012. Dalam sambutannya Walikota mengatakan bahwa, Pembangunan Kesehatan akan terus dilanjutkan sebagai salah satu program Pemko Binjai untuk membangun kota Binjai. Pemko Binjai saat ini sedang giat-giatnya membangun sarana, prasarana, infrastruktur bidang kesehatan. Tekad Pemerintah Kota adalah memberikan pelayanan kesehatan sebagai pelayanan dasar kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Walikota meminta semua pihak pemangku kepentingan kesehatan, kader-kader posyandu, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat untuk bersama – sama memberikan pelayanan, memberikan pandangan kepada masyarakat betapa pentingnya hidup sehat. Khusus kepada kader-kader posyandu Walikota sangat berterimakasih besar atas apresiasinya dalam memajukan kesehatan kota Binjai yang bekerja tanpa pamrih. Beliau berjanji untuk anggaran 2013 keberadaan kader posyandu akan mendapatkan bantuan dana sebagai jerihpayah mereka bekerja. Karena kader-kader posyandu adalah orang-orang yang berada dilini terdepan memberikan kesehatan kepada ibu dan anak. Walikota berpesan kepada Dinas Kesehatan agar selalu memberikan layanan dasar kesehatan. Memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk menata hidup sehat dan mencintai lingkungan hidup khususnya bagi anak-anak.

Saat ini dalam 10 tahun terakhir pertumbuhan penduduk Indonesia cukup tinggi, hal ini menjadi tanggung jawab kita agar kembali menggalakkan program Keluarga Berencana (KB) dengan motto 2 (dua) anak cukup. Walikota sangat bangga dalam rangkaian HKN ini yang telah banyak memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat seraya berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelayanankesehatan, lanjt beliau hal ini adalah sebagai amal ibadah. Dalam acara ini hadir unsur Muspida, Kajari Chairuddin Sipahutar, Ketua Pengadilan Negeri P. Simarmata, Kakan Kemenag Al Ahyu, Waka Polres, Sekdako Iqbal Pulungan, Tokoh agama, tokoh masyarakat. Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, dr. Melyani Bangun, M.KES, mengatakan bahwa Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang bertujuan :
1. Menggalang komitmen pemangku Pemerintah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan untuk pencapaian pembangunan kesehehatan.
2. Menyebarluaskan informasi tentang gaya hidup sehat dan bersih sebagai upaya meningkatkan status kesehtan dan mencegah resiko.

Semua masyarakat untuk terus meningkatkan bakti kesehatan agar akhirnya untuk meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat khususnya kota Binjai. 30 % penyebab kematian ibu melahirkan adalah perdarahan, sebagai wujud kepedulian pelayanan kesehatan, panitia bekerjasama dengan PMI kota Binjai telah berhasil mengumpulkan darah sebanyak 50 kantong.

Sesuai dengan program Pemerintah Pusat saat ini, Pemko Binjai juga telah melakukan pelayanan optimal terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak. Ini terbukti dengan pelayanan Posyandu yang tersebar disetiap Kelurahan dan peningkatan kualitas pelayanan Puskesmas merupakan bukti kepedulian Pemko Binjai untuk kepentingan masyarakat.