WALIKOTA BINJAI MEMBUKA SOSIALISASI SENSUS PERTANIAN 2013

Binjai, 9 April 2013, Walikota Binjai H.M. Idaham, SH,M.Si membuka sosialisasi dan pencanangan Sensus Pertanian 2013 di aula Pemko Binjai. Dalam sosialisasi ini hadir Kepala BPS Binjai Dra. Enny Nuryani Nasution,  perwakilan BPS provinsi sumatera utara Ateng Hartono, SE, M.Si,selaku nara sumber, mewakili Muspida, para Lurah dan Camat, HKTI, KTNA, pengusaha bergerak dibidang pertanian, Kadis Pertanian.

Walikota dalam sambutannya mengatakan bahwa realita data yang ada selalu mengalami perubahan, bisa meningkat bisa juga menurun. Sekecil apapun grafiknya perlu dipelajari dan dianalisa sampai sejauh mana dampaknya terhadap kelangsungsan pembangunan daerah dan terhadap kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu, ketersediaan data yang akurat, lengkap dan terpercaya yang diperoleh pada sensus pertanian 2013 ini akan digunakan sebagai bahan perencanaan, penetapan regulasi atau kebijakan beserta implementasinya, dan sebagai bahan evaluasi program pembangunan dibidang pertanian. Walikota mengakui bahwa selama ini Pemko masih kekurangan data yang valid khususnya tentang pertanian.

Isu pertanian sangat hangat saat ini seperti kenaikan harga bawang putih, bawang merah, cabai, daging yang dapat mengakibatkan inflasi. Untuk itu dimohon kepada Camat dan Lurah untuk sungguh – sungguh mengikuti sosialisasi ini sehingga dapat diterapkan dalam memperoleh data melalui sensus pertanian. Lurah dan Camat untuk mendukung sensus pertanian tahun 2013 dengan  membangun kerjasama dengan petugas sensus, kelompok tani maupun pengusaha yang bergerak disektor pertanian.

Keberhasilan pembangunan dibidang pertanian merupakan bagian integral dari keberhasilan pembangunan dibidang lain, Hal tersebut mengingat bahwa sektor pertanian merupakan sumber penghasilan masyarakat Indonesia yang sangat dominan dan memberi kontribusi yang besar dalam struktur perekonomian nasional. Untuk kota Binjai memberikan kontribusi 5,3 % untuk perekonomian sedangkan untuk serapan tenaga kerja sebesar 9 %.             

Walikota juga meminta kepada seluruh aparat BPS  beserta mitra kerjanya mengucapkan selamat bekerja, laksanakan tugas besar ini dengan sebaik-baiknya, bekerjalah secara professional, integritas dan amanah.

Kepala Badan Pusat Statistik Kota Binjai Dra. Enny Nuryani Nasution dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan sosialisasi sensus pertanian 2013 yang kita adakan ini, antara lain adalah :

1.Memberikan informasi kepada stakeholder tentang pelaksanaan sensus pertanian 2013 yang bertujuan untuk memperoleh data dan informasi pertanian.
2.Menjelaskan manfaat sensus pertanian 2013 sebagai alat pengambil keputusan bagi pemerintah pusat dan daerah, juga pihak swasta dan masyarakat

Data yang dihasilkan sensus pertanian dapat memberikan gambaran secara aktual mengenai kondisi di Indonesia, yang sangat berguna bagi perencanaan pembangunan.

Pelaksanaan sensus pertanian berlangsung dari 1 Mei sampai dengan 31 Mei 2013. Hasil sensus pertanian akan diumumkan pada tanggal 16 Agustus 2013 oleh Presiden RI. Tema sensus pertasnian 2013 “Menyediakan informasi untuk masa depan petani yang lebih baik”. Sensus pertanian dilaksanakan 10 tahun sekali dan tahun ini merupakan yang ke-6 kalinya selama Indonesia merdeka. Dengan adanya sensus pertanian data yang dihasilkan maksimal sehingga data pertanian semakin berkualitas. Data yang dihasilkan dapat memberikan gambaran secara aktual mengenai kondisi pertanian di kota Binjai.