WALIKOTA BINJAI MEMBUKA PENCANANGAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT X TAHUN 2013

Binjai, Selasa (21/5)  Walikota Binjai H.M.Idaham, SH,M.Si, mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat x dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-41 Kota Binjai tahun 2013.Dalam kegiatan ini hadir Wakilwali kota Binjai Timbas Tarigan, Wakil Ketua DPRD Bahman Nst, Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Lisa Andriani H.M. Idaham, Ketua GOPTKI Ny. Nani Timbas Tarigan

Walikota dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap tahun Bulan Bhakti Gotong-Royong Masyarakat dan peringatan Hari Kesatuan Gerak dilaksanakan . Sejarah lahirnya PKK dari gerakan nasional untuk memberdayakan masyarakat khususnya wanita pada masa pemerintahan orde baru. PKK lahir didasarkan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Peran keluarga sangat besar dalam pembangunan, dari keluarga lah pembangunan bangsa itu berawal. PKK dapat bersinerji dengan Karang Taruna. Gotong-Royong merupakan lokal wisdom/kearifan lokal yang telah berkembang sejak lama. Gotong royong sebagai kearifan lokal mulai surut dari pengaruh gaya hidup individual. Walikota mengajak semua pihak untuk menumbuhkembangkan kembali kearifan lokal khususnya pada generasi muda. Pancasila menjadi dasar Negara yang dapat menangkal segala pengaruh buruk dari luar, karena Pancasila merupakan sendi-sendi dari kehidupan bangsa.


Generasi muda dapat diandalkan melalui ilmu pengetahuan, keahlian yang memiliki moral, akhlak dan etika. Pemko dengan dukungan masyarakat dapat membangun Binjai dengan saling mengisi segala kekurangan.

Laporan Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kelurahan Dra. Fatimah Syam dalam laporannya mengatakan bahwa Tema pelaksanaan kegiatan adalah “Bangkitkan Semangat Gotong Royong Melalui Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Menuju Masyarakat Mandiri Dan Sejahtera”.Maksud dan tujuan kegiatannya adalah “Meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan kekeluargaan ,dan gotong royong dalam penguatan integritas sosial melalui kegiatan-kegiatan gotong royong untuk mencapai masyarakat yang adil dan makkur menuju keluarga sehat sejahtera.


Sasaran kegiatan ini adalah Meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan melalui gotong royong,


Meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan, Meningkatkan partisipasi, Menjadikan gotong royong masyarakat dan pemberdayaan kesejahteraan masyarakat sebagai momentum kebersamaan.

Pada hari ini akan dilaksanakan kegiatan penyerahan secara simbolis : Alat-alat gotong royong, bibit ikan nila, bibit jambu madu 10 batang dan bibit rambutan 10 batang, Hadiah lomba kegiatan PKK dan penyerahan hadiah lomba keluarga harmonis, bina keluarga, tertib administrasi Kelurahan, Hatinya PKK