WALIKOTA BINJAI MEMBUKA MANASIK HAJI PERDANA KBIH IPHI KOTA BINJAI 2013/1434 H

Binjai, Sabtu 15 Desember 2012, Walikota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si, membuka Manasik Haji Perdana KBIH IPHI  Kota Binjai untuk calon Haji 2013/1434 H dan syukuran  para Jama’ah Haji tahun 2012/1433 H. Dalam kegiatan ini hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Binjai Al Ahyu, Ketua IPHI Binjai Drs.H. Anhar  A. Monel, M.AP, Sekretari Umum IPHI Sumut Chairuddin, Sekretaris MUI Binjai.
 
Walikota dalam bimbingan dan arahannya mengatakan bahwa, banyak hal dan harapan yang dapat diberikan dan diutarakan dalam ibadah haji. “Bagaimana Jemaah Haji dalam menunaikan ibadah Haji dapat tenang dan baik. Selama ini dirasakan bahwa bantuan dari Pemko Binjai belum maksimal, Pemko selama ini membantu pelaksanaan  Ziarah dan Pengobatan, namun beliau berjanji akan membantu IPHI pada tahun depan dan mendapat sambutan yang baik dari hadirin calon haji.
 
“Peran serta dari Kemenag Binjai sudah cukup membantu pelaksanaan haji” ucap Walikota yang telah memberikan bimbingan, arahan dan informasi haji. Kepada Haji yang telah tiba melaksanakan ibadah Walikota mengucapkan terimakasih dan mendapat lindungan dan ridho Allah SWT. Kiranya segala kebaikan yang didapat dapat dijadikan teladan untuk membangun kota Binjai. Untuk KBIH IPHI dan KBIH yang lain agar terus meningkatkan bimbingan dan pelayanan kepada yang berniat haji sebagai Silaturrahim dan Ukuah Islamiah selaku Muslim.
 
Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Binjai, Al Ahyu dalam sambutannya mengatakan bahwa IPHI adalah salah satu organisasi terbesar dan tersebar  di Indonesia karena setiap Haji adalah anggota IPHI dan kepengurusannya ada dari mulai pusat sampai Kecamatan. IPHI diharapkan mampu menjadi Rumah Besar umat Islam, dimana tidak ada lagi sekat-sekat yang membedakan status sosial, pangkat dan kedudukan. Rumah besar ini menjadi kekuatan besar bagi umat Islam. Para haji adalah orang-orang yang mampu, sehingga IPHI dapat mendirikan Perguruan Tinggi Islam sebagai sarana Pendidikan, Rumah Sakit Islam untuk sarana  kesehatan. Semua itu akan menjadi harapan umat dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Kemampuan Kemenag dalam Bimbingan Ibadah Haji dan pelaksanaan haji terbatas, sehingga masyarakat dapat menjalankannya sepanjang memenuhi persyaratan dari Pemerintah dan memenuhi kewajiban dan tanggung jawab kepada Pemerintah.

Ketua IPHI Kota Binjai, Drs. Anhar A. Monel, M.AP mengatakan bahwa, KBIH IPHI diharapkan akan menjadi mandiri, ini ditandai dengan tidak ada nya pengutipan dana dalam bimbingan haji. Bantuan dari Pemko Binjai selama ini sudah cukup baik dalam pelaksanaan bimbingan dan ibadah Haji Pemko Binjai telah menyediakan sarana dan prasarana. Anhar mengharapkan agar KBIH IPHI dapat lebih mandiri lagi dan meningkatkan layanan dalam bimbingan Ibadah Haji dimasa yang akandatang.