WALIKOTA BINJAI MEMBUKA FORUM SKPD KOTA BINJAI 2013

Binjai (Humas)
Binjai 26 Pebruari 2013, Walikota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si, membuka Forum Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD) kota Binjai 2013 di Aula pemko Binjai. Forum SKPD dihadiri oleh Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba, SH, Sekdako H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, Kakan Kemenag Dr. Al Ahyu, para Staf Ahli, para Asisten, Kadis, Kaban, Kakan, Kabag,Camat, Lurah, Direktur RSUD Zoelham, dan seluruh pimpinan SKPD.

Walikota dalam sambutannya mengatakan bahwa Forum SKPD merupakan wadah bersama antar pemangku kepentingan yang terlibat dalam proses pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan hasil Musrenbang kecamatan dengan SKPD, dalam menyusun dan menyempurnakan rancangan rencana kerja SKPD tahun 2014.

Tujuan Forum ini untuk menselaraskan program dan kegiatan pembangunan sehingga dapat ditetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan. Forum SKPD wadah yang menjaring aspirasi masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menyempurnakan rancangan rencana strategis dan rencana kerja SKPD. Peran forum SKPD dapat mendorong penerapan pendekatan perencanaan dari bawah ke atas (bottom-up planning) berdasarkan asas demokratisasi dan desentralisasi.
                               
Peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008 menetapkan keefektifan pelaksanaan  forum SKPD melalui dua hal yaitu criteria normative untuk menentukan prioritas dan pagu indikatif sebagai instrument dalam menginformasikan kemampuan pembiayaan rencana anggaran.

Walikota meminta kepada seluruh Camat agar lebih proaktif dan tidak lalai dalam pembahasan disetiap kelompok Forum SKPD dengan berpedoman pada skala prioritas dan mendesak.

Dalam Forum SKPD ini 5 kecamatan telah menyampaikan paparannya dengan berbagai macam kebutuhan skala prioritas. Pada kesempatan diskusi Walikota memberikan saran agar dalam penyampaian program dan kegiatan tidak saja pembangunan fisik. Pembangunan non fisik lebih baik dilakukan seperti penataan lingkungan, penyehatan lingkungan, penertiban perijinan yang merusak lingkungan.

Walikota mengajak SKPD agar berpikir  inovatif dan kreatif, kuasai perencanaan secara konprehensif bukan bersifat farsial. Program – program jangan hanya sekedar “copy paste”.

Kepala Bappeda kota Binjai Drs. H. Junaidi Muslim. M.Si, dalam laporannya mengatakan forum SKPD kota binjai 2013 merupakan salah satu instrument penting, dalam alur mekanisme perencanaan pembangunan daerah, dalam penyusunan prioritas anggaran tahun 2014, yang memberikan kewenangan kepada SKPD dalam menentukan bentuk dan jenis penyelengaraan tugas pokok dan fungsinya berdasarkan kebutuhan sektor, partisipasi masyarakat dan aspirasi pemangku kepentingan lain.

Tujuan memaduserasikan prioritas kegiatan pembangunan dari setiap kecamatan dengan rencana kerja (Renja) SKPD.