Walikota Binjai Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Vihara Kwan Tee Bio

Binjai(Humas)

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi meletakkan batu pertama sekaligus menandatangani prasasti pada pembangunan Vihara Bodhisat Vasatya Kalama (Kwan Tee Bio) Jalan Jelutung Pasar III Tandam Kelurahan Jati Utomo Kecamatan Binjai Utara, Kamis (5/6).

Dalam arahannya HM Idaham mengatakan masyarakat Binjai adalah masyarakat yang religius dan saling menghormati antar umat beragama.  Idaham  berharap dengan dibangunnya Vihara Kwan Tee Bio ini selain menambah tempat beribadah bagi umat Budha juga dapat merasakan semangat religius yang tinggi, cinta terhadap agama dan meningkatkan persaudaraan serta terbina kerukunan hidup antar umat beragama di Kota Binjai.  Rasa persaudaraan yang telah terbina  agar dapat terus ditingkatkan dan  Pemko Binjai siap membantu untuk semua umat dan masyarakat Kota Binjai

“Sebagaimana kita ketahui bersama Vihara Kwan Tee Bio ini dibangun dari rasa kebersamaan dan persaudaraan  antar umat Budha yang ada di Kota Binjai,  Vihara yang diberi nama Kwan Tee Bio ini semoga bisa menjadi panutan bagi umat Budha, tanpa kita sadari peletakan batu pertama pada Vihara ini menunjukkan rasa kerukunan beragama kita sangat tinggi," ungkap Idaham.

Ketua Panitia Pembangunan Vihara Kwan Tee Bio Hadi Susanto mengucapkan rasa terimakasih kepada Walikota Binjai yang telah menyempatkan diri untuk menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Vihara.

 Dijelaskannya maksud dan tujuan dibangunnya Vihara ini adalah untuk menyediakan sarana dan prasarana bagi umat Budha untuk meningkatkan keimanan, menjadi insan dan  berbudi luhur serta berguna bagi bangsa Indonesia.

Arti dari nama Vihara Kwan Tee Bio adalah manusia di dunia wajib mengutamakan kesetiaan berbakti dan berbuat kebaikan serta patuh kepada hukum negara kita.

"Saya sangat mengharapkan dukungan dari saudara sekalian agar pembangunan Vihara ini dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan," pinta Hadi.

Tokoh masyarakat Tionghoa Kota Binjai Sukiwi Tjong mengharapkan dengan pembangunan Vihara ini umat Budha harus setia kepada Indonesia dan Kota Binjai serta patuh terhadap hukum negara.

"Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Walikota Binjai yang sudah sangat peduli terhadap seluruh umat beragama yang ada di Kota Binjai dan saya berharap kerjasama ini dapat terus berjalan dengan baik," ungkap Sukiwi.

Ketua Perhimpunan Tiekong Kota Binjai Isa Guntur mengatakan Vihara yang akan dibangun di atas tanah berukuran 26 x 126 meter adalah hasil kerjasama dan bantuan dari seluruh umat Budha Kota Binjai.

"Dengan semangat gotong royong Vihara ini harus siap, bagaimanapun caranya kita berusaha gotong-royong sampai selesai, mudah-mudahan selesainya Vihara ini dapat menambah tempat ibadah umat Budha di Kota Binjai ," tegas Isa.

Hadir pada peletakan batu pertama Vihara Kwan Tee Bio Dandim 0203 Langkat Let Inf Tri Saktiyono, Wakapolres Kota Binjai, Kakan Kemenag Kota Binjai Al Ahyu, Wakil Ketua Panitia Pohan, Sekretaris panitia Jutar Ninjo, Humas Johan, bendahara Samsir Libra dan beberapa SKPD Kota Binjai.