WALIKOTA BINJAI KUKUHKAN FPK

Binjai, Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, mengukuhkan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) kota Binjai periode 2013 – 2018 di Aula pemko Binjai, Selasa (17/12).

Walikota mengatakan bahwa agar Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) meningkatkan kesatuan bangsa. Perbedaan yang ada bukan untuk pertentangan namun menjadi satu kesatuan untuk membangun Negara dan kota Binjai. Pembangunan memerlukan kebersamaan. Peran nyata dan eksitensi FPK sangat diperlukan untuk mendorong peran aktif masyarakat. Lanjut Idaham agar FPK dapat bekerjasama, berkoordinasi dan bersinerji dengan Pemerintah Kota dalam membangun kota Binjai.  Walikota juga mengharapkan agar orientasi pembauran kebangsaan dapat memberikan pendidikan kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa dengan berbagi pengalaman antar generasi.

Ketua FPK kota Binjai M. Rapiq, MA mengatakan bahwa perbedaan adalah rahmat Tuhan, perbedaan itu bersifat absolut, perbedaan jangan menyebabkan perpecahan. Perbedaan justru menciptakan harmonisasi.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Linmas Drs. Janu Asmadi Lubis dalam laporannya mengatakan pelaksanan pengukuhan FPK didasarkan kepada peraturan Menteri Dalam Negeri No.34 tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembauran Kebangsaan di Daerah. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh 16 pengurus etnis yang ada di kota Binjai. Untuk sumatera Utara  pembentukan FPK Binjai   yang ketiga dari 33 Kabupaten dan Kota.