WALIKOTA BINJAI INSPEKTUR UPACARA APEL GELAR PASUKAN “LILIN – 2012” KOTA BINJAI

Binjai, Jum’at, 21 Desember 2012, Walikota Binjai, H.M.Idaham, SH, M.Si, memimpin Apel Gelar Pasukan “Lilin” tahun 2012 di Lapangan Polres Binjai. Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik  Indonesia, Jend. Pol. Drs. Timur Pradopo yang dibacakan oleh Walikota Binjai, mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, merupakan bentuk kesiapan semua unsur perkuatan yang terlibat dalam rangka pengamanan Natal tahun 2012 dan tahun  Baru 2013.
 
Apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan dilaksanakan sebagai upaya untuk pengecekan akhir terhadap pelibatan kekuatan, kelengkapan sarana dan prasarana pendukung, serta rencana tindakan yang tepat didasarkan pada analisis dan inventarisasi hakekat ancaman yang valid dan up to date, sehingga semua tahapan penyelenggaraan pengamanan Natal dan Tahun Baru dapat terselenggara dengan baik.
 
Hari Natal sebagai hari besar keagamaan umat Kristiani akan dilalui dengan berbagai bentuk peribadatan di gereja maupun ditempat – tempat lain. Demikian juga dengan perayaan tahun Baru 2013, akan digelar berbagai kegiatan hiburan serta mobilisasi massa dalam jumlah besar yang terkonsentrasi pada pusat-pusat aktivitas maupun lokasi tertentu.
 
Sementara itu disela – sela Apel ini Walikota Binjai, H.M. Idaham mengatakan Pemko Binjai turut serta dalam pengamanan Perayaan Natal. Pengamanan perayaan Natal ini khusus untuk umat Kristiani diharapkan agar Perayaan Natal dapat terselenggara dengan baik, aman dan tertib serta semua pihak dihimbau untuk mendukung. Sementara untuk Perayaan  dihimbau untuk tidak berlebihan namun dengan suasana kesederhanan imbuh Idaham. Kemudian dilanjutkan dengan Pemeriksaan Pasukan dan Penyematan Pita tanda Operasi lilin oleh Walikota.
 
Kapolres Binjai, AKBP, Drs. Musa Tampobolon mengatakan bahwa, Personil yang dikerahkan sebanyak 450 orang dari Polri, 100 orang dari masyarakat dan 100 orang dari TNI. Dalam Apel ini dihadiri unsur Muspida diantaranya Kapolres Binjai AKBP.Drs. Musa Tampobolon, Ketua P. Negeri Pahatar Simarmata, Kajari Chairuddin Sipahutar. Apel gelar Pasukan terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Pramuka, OKP, Dinas Perhubungan.