Walikota Binjai Ikuti Kuliah Singkat di Harvard University

Binjai,  Walikota Binjai H Muhammad Idaham, SH, MSi terpilih bersama 19 kepala daerah (KDH) di Indonesia untuk mengikuti kuliah singkat atau Short Course tentang kepemimpinan (Leader Ship) selama 1, 5 bulan di Harvard University, Cambridge, USA yang akan dilaksanakan sekitar pertengahan bulan Sepetmebr 2013 ini.

Hal itu diakui Walikota Binjai HM Idaham saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Balai Kota, Senin, (2/9). Walikota Idaham saat itu didampingi Setdako H Elyuzar Siregar SH, MHum dan Ketua DPRD Binjai Zainuddin Purba, SH. Menurut Idaham, kuliah perdana bagi 20 kepala daerah (KDH) se-Indonesia sudah mulai digelar selama sepekan di Jakarta dan dibimbing oleh empat orang profesor  dari Harvard University.

Walikota Binjai itu juga mengakui ketatnya jadwal kuliah yang langsung diasuh oleh pakar-pakar kepemimpinan negeri Paman sam itu "Pantas memang mereka (USA) menguasai ilmu pendidikan, karena begitu disiplin waktu serta ketekunan yang luar biasa dalam hal menuntut ilmu," beber Idaham.
Idaham juga mengakui masih banyak tingkat kesalahan yang diambil oleh pemimpin-pemimpin kita di republik ini, khususnya dalam tingkat pengambil keputusan. Dia mencontohkan, dalam hal memutuskan sesuatu proyek terkait manfaat dan kegunaannya. Menurut teory profesor dari Harvard University itu, kutip Idaham, harus melalui berbagai tahap baru bisa diputuskan atau dlaksanakan, setelah melalui berbagai survey yang ketat. "Kita akui dalam pengambilan keputusan, kita belum seperti yang diajarkan oleh para profesor USA tersebut, sehingga hasilnya masih maksimal seperti yang diharapkan," aku Idaham lagi.

Idaham berharap, bisa menggali ilmu yang lebih luas lagi setibanya di kampus Harvard University, Cambridge, USA dan Insya Allah ilmu yang didapat itu akan diterapkan kelak dalam mengambil kebijakan-kebijakan yang strategis di kota Binjai.