WALIKOTA BINJAI HADIRI MAHA PUJA THAI PUSAM

Binjai(Humasy), Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, menghadiri upacara  Maha Puja Thai Pusam di Kuil Shri Mariamman Jl. Jend. Ahmad Yani No.57 Binjai, Sabtu (18/1). Hadir unsur Forum komunikasi pimpinan daerah diantaranya Kapolres Binjai Kapolres AKBP. Marcelino Sampouw, Dandim 0203 Langkat Letkol.Inf. Tri Saktiono, ketua DPRD Zainuddin Purba, SH, Sekdako H. Elyuzar Siregar, SH,M.Hum, tokoh masyarakat Peterus, SH, ketua FKPAE Drs. Cukup Sinuraya, ketua perhimpunan shri mariamman kuil Ir. M. Raj Kumar, M. Saminathan.

Walikota mengatakan  upacara Maha Puja Thaipusam 2014 penuh dengan kesucian dan kesakralan bagi umat Hindu. Ritual keagamaan penuh berkah dari bentuk penebusan dosa dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Perayaaan ini harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk membina tali persaudaraan antar sesama dan hubungan silaturrahmi sehingga tercipta toleransi antar umat beragama. Perayaan ini juga sebagai  sarana evaluasi diri dalam bersikap dan berbuat ditengah-tengah masyarakat. Walikota juga berpesan dalam pawai agar berhati-hati, tertib dan mematuhi peraturan lalulintas.

Ketua panitia perayaan Maha Puja Thai Pusam dr. M. Nehru, M. Kes mengatakan bahwa perayaan Maha Puja Thaipusam bermakna untuk mengagungkan kebesaran dewa Muruga atau Tamil Kadewel, dewa Muruga berhasil mengalahkan iblis jahat Tharakasuran . Makna dari ritual ini hari kemenangan kebaikan atas kejahatan atau kemenangan Dharma atas A dharma. Dengan adanya perayaan ini menunjukkan nilai-nilai kebersamaan dalam semanagat Bhinneka Tunggal Ika . Ini terbukti dalam perayaan ini juga ditampilkan kesenian Barongsai etnis Tionghoa dan kesenian Reogponorogo Jawa Timur.

Ketua FKPAE Drs. Cukup Sinuraya mengatakan perayaan Maha Puja Thai Pusam merupakan perpaduan antara agama dan budaya. Hal ini sangat menarik dalam satu sisi sebagai umat beragama telah terbina dan sisi lain tetap mempertahankan budaya sebagai warisan leluhur yang sangat kaya. Perpaduan ini cermin dari terciptanya pendidikan karakter bangsa.