WALIKOTA BINJAI HADIRI LAUNCHING PENCETAKAN PERDANA SPPT PBB

Binjai,(Humasy)

Senin (12/5) Walikota Binjai H.M. Idaham menghadiri “Launching Pencetakan Perdana SPPT PBB tahun 2013 di kantor Dinas Pendapatan Daerah Binjai Jl.T.Amir Hamzah kelurahan Jati Makmur. Launching Pencetakan Perdana SPPT PBB 2013 juga dihadiri oleh Sekdako Binjai H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum, Direktur Bank Sumut Syahmirdan Siregar, pihak kantor pelayanan pajak Pratama Binjai, pimpinan SKPD, Petugas pemungut PBB, Lurah, Camat dan masyarakat penerima SPPT PBB.
 
Walikota dalam sambutannya pada saat memimpin upacara gabungan mengatakan bahwa launching Pencetakan perdana SPPT PBB tahun 2013 merupakan momen yang sangat penting dan strategis serta merupakan sejarah baru dalam pengelolaan pajak bumi dan bangunan. Ia mengatakan bahwa pajak bumi dan bangunan merupakan salah satu pajak tertua di Indonesia yang dahulu dikenal dengan “Ipeda” (iuran pembangunan daerah) . Launcing pencetakan SPPT PBB merupakan rangkaian dari penyerahan urusan PBB kepada daerah dari pemerintah pusat sebagai dampak dari pelaksanaan otonomi daerah sehingga menjadi tugas pembantuan yang telah dimulai sejak 2011 bersamaan dengan penyerahan BPHTB.

Lanjut Walikota, dengan penyerahan pengelolaan PBB kepada Pemko tentunya akan sangat berpengaruh terhadap Pendapatan  Asli Daerah (PAD) sehingga menjadi tugas berat kepada Dispenda, Camat dan Lurah. Tugas ini antara lain dengan menggali potensi yang belum tercapai. Potensi yang terealisasi baru mencapai 50% sehingga kerja keras sangat diperlukan. Pada saat itu juga Walikota mengapresiasi Dinas Perhubungan yang telah bekerja keras sehingga kota Binjai memperoleh Piala Wahana Tata Nugraha, serta menghimbau kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk selalu siap siaga akan bencana dengan berkoordinasi dengan Camat dan Lurah.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah kota Binjai Tobertina Sitepu, SH dalam laporannya mengatakan bahwa pencetakan SPT PBB 2013 sebanyak 67.227 objek pajak dengan nilai uang (pajak terhutang) sejumlah Rp.8.215.065.512,-. Peralatan pencetakan yang dimiliki oleh Dispenda dapat mencetak 6000 buah SPPT PBB selama satu jam. Pada tahun 2012 capaian target sebesar 133 % dan untuk tunggakan  2013 telah terealisasi sebesar 350 juta. Pada launching ini sekaligus Walikota menyerahkan SPPT PBB 2013 secara simbolis kepada wajib pajak mewakili 5 kecamatan.