WALIKOTA BINJAI BUKA SEMINAR PENDIDIKAN

Binjai, Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, membuka seminar Pendidikan dan Pelatihan Guru SMA,  SMK Negeri dan Swasta di Hotel Graha Kardopa Jl. Hasanuddin, Sabtu (7/9). Seminar pendidikan berthema : “ Hypnoteaching Rahasia Menjadi Guru Cemerlang” akan berlangsung selama sehari. Kegiataan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Dinas Pendidikan, PGRI dan FIFGROUP. Hadir Kepala Dinas pendidikan Drs. Dwi Anang Wibowo, M.Pd, Kepala BKD Drs. Amir Hamzah, M.AP.

Kemajuan suatu bangsa ditentukan dari keberhasilan pembangunan pendidikan. Pendidikan akan maju bila tenaga pendidik atau guru dapat memberikan ilmu yang dimiliki menjadi skill dan pengetahuan bagi siswa. Tranfer knowledge antara guru dan murid menjadi suatu kekuatan yang besar dalam kemajuan bangsa dan negera demikian dikatakan Walikota. Beliau mengajak seluruh guru untuk memanfaatkan seminar dan pelatihan ini menjadi pengetahuan dan kreatifitas cara mengajar di kelas.

Peran Guru sangat besar, selain mengajar juga memberikan pendidikan dan bimbingan kepada siswa sebagai generasi penerus bangsa untuk mencegah bahaya Narkoba dan pergaulan bebas yang telah merusak dan membunuh jiwa dan raga. Walikota punya prinsip bahwa ada saatnya membela Guru dan memberikan hukuman kepada Guru sesuai dengan perbuatannya. Khusus kepada Guru Negeri dalam hal kesejahteraan dirasa sudah layak karena adanya sertifikasi bagi Guru.

Walikota menyatakan kekecewaannya atas penerimaan siswa baru  tahun ini. Kelebihan siswa dalam ruang kelas dan sekolah menjadi beban pendidikan. Ia tidak pernah memberikan titipan untuk siswa baru, adanya orang ketiga yang menjual nama Walikota dengan mengancam Kepala Sekolah salah satu penyebabnya. Walikota menegaskan agar hal ini menjadi pengalaman terakhir seraya mengajak para Guru untuk dapat merubah  cara berpikir sehingga pendidikan akan semakin maju.
Kinalson Tarigan dari FIF Group mengatakan bahwa kegiatan seminar dan pelatihan guru ini merupakan  salah satu sumbangannya sebagai tanggung jawab social (CSR) dan pertama kali untuk kota Binjai. Lanjutnya bahwa FIF Group salah anak perusahaan Astra punya komitmen memajukan pendidikan di kota Binjai. Selain itu sebagai CSR juga akan bergerak ke bidang Kesehatan, Lingkungan dan Pemberdayaan Ekonomi. Sebelumnya tahun 2012 juga sedah melatih guru PAUD.

Ketua PGRI Binjai, Khaidir, S.Pd, mengajak Guru untuk dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Pelatihan ini memberikan methode baru sebagai Soft Skill bagi Guru di Binjai yang diikuti sebanyak 200 peserta Guru SMA dan SMK baik negeri maupun swasta.