WALIKOTA BINJAI SERAHKAN DATA AGREGAT KEPENDUDUKAN PER-KECAMATAN (DAK2) KEPADA KPU KOTA BINJAI

WALIKOTA BINJAI  SERAHKAN DATA AGREGAT KEPENDUDUKAN PER-KECAMATAN (DAK2) KEPADA KPU KOTA BINJAI

Binjai, Kamis, 6 Desember 2012, Walikota Binjai, H.M. Idaham, SH, M.Si, menyerahkan Daftar Agregat Kependudukan Per Kecamatan (DAK2) dari Pemko Binjai kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai di aula Pemko Binjai. Penyerahan DAK2 ini dilakukan dengan ditandai dengan penandatanganan Berita Acara DAK2 , Pemko Binjai oleh H.M. Idaham,SH,M.Si dan Ketua KPU Binjai  H.Agus Susanto,SH,MH,  seerta  disaksikan oleh unsur Muspida diantaranya Kapolres Binjai, AKBP. Musa Tampubolon, mewakili DPRD Binjai Zulkarnaen D. Lubis, mewakili Dandim 0203 Langkat dan Panwaslu Binjai.

Menteri dalam negeri, Gamawan Fauzi  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Walikota Binjai mengatakan bahwa penyerahan DAK2 tersebut merupakan tahapan yang mendasar dalam proses Pemilihan Umum Anggota DPR,DPD dan DPRD sebagaimana diamanatkan oleh UU nomor 8 tahun 2012 yang berisi bahwa Pemerintah dan pemerintah Daerah menyediakan data kependudukan dalam bentuk DAK2 sebagai bahan bagi KPU untuk menyusun daerah pemilihan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. DAK2 sudah harus tersedia dan diserahkan paling lambat 16 bulan sebelum hari pemungutan suara.

DAK2 yang diserahkan secara nasional hari ini dengan jumlah penduduk 251.454.637 jiwa yang tersebar di 33 Provinsi dan 491 Kabupaten/Kota dikemas dalam bentuk compact disc. DAK2 tersebut merupakan bahan bagi KPU dalam menyusun daerah pemilihan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Program strategis Nasional dibidang kependudukan dan Pencatatan Sipil bertujuan untuk meningkatkan akurasi database kependudukan di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat yang satu sama lainnya tersambung secara langsung (on-line), mengefektifkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepada seluruh penduduk Indonesia, menertibkan penertiban dokumen kependudukan (KK,e-KTP dan Akta pencatatan Sipil).

Saat ini Indonesia mempunyai database kependudukan yang terjamin akurasinya, dimana pembangunannya melalui hasil dan proses administrasi kependudukan yang berbasis pada nomor tunggal pendudukyang dihasilkan sudah memenuhi standar internasioanl baik dalam metode maupun sistem yang digunakan. Kondisi ini akan mensejajarkan eksistensi Indonesia dengan negara-negara maju di dunia.

Walikota dalam arahannya mempertegas agar semua pihak khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menertibkan penertiban dokumen kependudukan. Walikota juga mengajak semua pihak sebagai pelaksana, pelaku  Pemilihan Umum 2014 agar serius dan sungguh – sungguhdalampersiapan dan pelaksanaan 2014 agar berjalan berjalan dengan baik, demokratis.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Binjai, Drs. H. Namaken, MM dalam laporannya menyatakan data Agregat Kependudukan kota Binjai berjumlah : 282.473 dengan rincian lali-laki: 142.809, perempuan : 139.664. Binjai utara : 83.368, Binjai Kota : 35.169, Binjai Barat : 47.986, Binjai Timur : 61.722, Binjai Selatan : 54.228