Walikota Binjai : Peran Orangtua Tumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Binjai(Humas)

Walikota Binjai HM Idaham SH MSi menutup  kegiatan pekan minat baca  se- Kota Binjai tahun 2014 sekaligus mencanangkan wajib baca di Kota Binjai, Jumat (20/6) di SD Negeri 028226 Jalan Sukarno Hatta  Km 17 Binjai Timur.

Walikota HM Idaham mengatakan dengan banyak  membaca  seseorang akan  memiliki banyak    ilmu pengetahuan.   Karena  itu  minat membaca  buku harus  ditumbuhkan  sejak  anak  usia dini dan  orangtua  sangat berperan   untuk  mendorong  anak agar memiliki minat baca.

Selain itu, kata HM Idaham, pelajaran  mengarang  perlu diajarkan kembali di sekolah. Dengan  pelajaran mengarang akan melatih  anak untuk  menuangkan imajinasi  ke dalam tulisan dan melatih mereka untuk  menggunakan  Bahasa Indonesia  yang baik dan benar.  

“Sekarang ini sulit  sekali  menemukan  SDM  konseptor, “ kata Walikota.

Diakui  Idaham, Kota Binjai belum memiliki perpustakaan umum yang cukup refresentatif  namun secara bertahap hal itu akan diwujudkan.  Sedangkan untuk menambah koleksi buku di perpustakaan sekolah akan  diupayakan melalui  e-book  atau perpustakaan digital.

Kepala Kantor  Perpustakaan   dan Arsip Daerah, Mukramah SPd, mengatakan   kegiatan pekan  minat baca  bertujuan untuk meningkatkan   minat baca di kalangan pelajar se- Kota Binjai   dan untuk mengasah  bakat  para pelajar agar lebih kreatif  dan memiliki keberanian untuk tampil di depan umum.

Selama pelaksanaan pekan minat  baca  dilaksanakan lomba bercerita  tingkat SD, lomba pidato bahasa Indonesia tingkat SMP  dan lomba pidato bahasa Inggris tingkat  SLTA.

“Para pemenang lomba akan menjadi utusan Kota Binjai  untuk mengikuti lomba tingkat propinsi, “ kata Mukramah.

Menurut Mukramah  perpustakaan sekolah Kota Binjai memiliki prestasi cukup membanggakan.  Pada tahun 2013 perpustakaan SD  Negeri 027950  mendapat  juara  1  tingkat propinsi  dan perpustakaan MAN mendapat juara 2  tingkat propinsi.