WALIKOTA BINJAI : PEMILU WADAH MEMILIH PEMIMPIN

Binjai (Humas) Walikota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, membuka Panel diskusi Pemilu Damai, Demokrasi, Jurdil dan cerdas di Pendopo Umar Baki Binjai, Rabu (2/4). Panel Diskusi dihadiri oleh seluruh FKPD diantaranya Kapolres Binjai AKBP. Marcelino Sampouw, Kajari Binjai Wilmar Ambarita, M.Hum, Dandim 0203 Langkat Letkol.Inf. Tri Saktiono, Kajari Binjai W. Ambarita, M.Hum, ketua DPRD Zainuddin Purba, SH,ketua MUI Dr. H.M. Jamil, MA,Kakan Kemenag H. Al-Ahyu, MA, ketua KPU Hery Dani, M.BA, Rektor IAIN Prof. H. Nur Ahmad Fadhil Lubis, MA selaku narasumber. Dalam panel diskusi juga hadir tokoh lintas agama FKUB, FKPAE, FPK, tokoh agama, ketua Parpol.

Walikota mengatakan Pemilu merupakan wadah demokrasi mencari pemimpin secara konstitusional. Pemilu salah satu cermin negara yang menjalankan demokrasi.  Pemilu bukanlah hanya tujuan demokrasi akan tetapi proses demokrasi . Pemilu memilih pemimpin yang benar. Lanjut Idaham proses demokrasi harus dikemas dan dikelola dengan baik dengan mentaati  peraturan dan ketentuan yang berlaku sehingga tidak menimbulkan persinggungan antar etnis dan antar agama. Pemilu juga diharapkan tidak menimbulkan gejolak sosial. Perbedaan dalam menentukan pilihan merupakan cermin demokrasi. Semua pihak hendak dapat menghormati dan menghargai proses pelaksanaan Pemilu imbuh Walikota.

Prof. H. Nur Ahmad Fadli Lubis, MA, mengatakan bahwa Pemilu wadah pendidikan politik. Pemilu akan dapat mempengaruhi kehidupan manusia secara sosial. Kontak dan integrasi, konfrontasi, asimilasi, akulturasi, segregasi akan terjadi dalam masyarakat sosial. Lanjut fadli, kita harus dapat memadukan antara norma agama, norma adat, norma hukum satu sama lain menjadi singkron. Hal ini memang sangat sulit dilakukan tegas beliau. Fadli juga mengakui bahwa demokrasi memiliki kelemahan diantaranya biaya mahal, lamban, bersifat untung-untungan.

Kapolres Binjai memaparkan fungsi empat pilar kebangsaan. Tata cara pengamanan Pemilu dan penanggulangan gangguan keamanan. Ketua KPU menjelaskan tata cara pemungutan suara dan pencoblosan surat suara. KPU dan Bawaslu merupakan lembaga penyelenggara Pemilu.Ketua MUI mengatakan memilih pemimpin merupakan kewajiban. Suap dan Golput hukumnya haram tegas Jamil.

Dalam kesempatan ini juga FKPD, FPK, FKPAE penyelenggara, pengawas Pemilu dan elemen peserta Pemilu menandatangani deklarasi kesepakatan Pemilu Damai, Demokrasi, jurdil dan cerdas.