WALIKOTA BINJAI MEMIMPIN RAPAT PERSIAPAN PILGUBSU 2013

Binjai, Senin 21 Januari 2013, Walikota Binjai, H. M. Idaham, SH, M.Si, memimpin rapat persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara di aula Pemko Binjai. Dalam rapat ini juga dihadiri unsur Muspida diantaranya Kapolres Binjai AKBP. Musa Tampubolon, Wakil Ketua DPRD Binjai Bahman Nasution, mewakili Dandim 0203 langkat, mewakili Kajari Binjai, mewakili Ketua PN, Ketua KPU Binjai Agus Susanto, Ketua Panwaslu Binjai Sainul Irwan.

Walikota Binjai dalam sambutannya mengatakan bahwa rapat ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada sekaligus menyatukan persepsi persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan  tahapan – tahapannya menjelang  Pilgubsu 7 Maret 2013. Pemko Binjai dan Muspida perlu mengetahui permasalahan,kendala, sehingga dapat melakukan penyelesaian masalah dan dapat meminimalisir permasalahan.

Walikota juga mengharapkan Panwaslu dan KPU dapat memberikan penjelasan sejauhmana  yang sedang dan akan dilaksanakan sesuai tahapan Pilgubsu sehingga diketahui kondisi persiapan itu termasuk persiapan kampanye 18 Pebruari 2013. Begitu juga dengan kesiapan PPK dan PPS untuk menyiapkan lokasi TPS dan terus dipantau oleh aparat Kepala Lingkungan, Lurah dan Camat. Kemudian Walikota meminta kepada seluruh Camat agar mempedomani dan mengikuti semua tahapan-tahapan Pilgubsu sekaligus menyatukan persepsi sehingga nanti tidak ada saling menyalahkan satu sama lain.

Ketua KPU  Binjai, Agus Susanto, SH, mengatakan bahwa sejauh ini belum ditemukan adanya permasalahan yang berarti, belum adanya keberatan atas DPT, dimana KPU telah menetapkan Daftar Pemilih tetap (DPT) sebanyak 180.233 jiwa dan TPS 398 TPS. Masyarakat juga diajak untuk pro aktif mengecek DPT  yang ada di Kelurahan  sembari KPU melakukan pemutahiran data. Apabila ada yang belum terdapat di DPT  akan dilakukan Daftar Pemilih Perbaikan.

Lanjut Agus bahwa sampai sekarang ini belum ada kampanye, yang ada saat ini dengan baliho dan spanduk Cagub dan Cawagub adalah bentuk sosialisasi atau pengenalan diri dari calon tersebut.

Kapolres Binjai, AKBP. Musa Tampubolon, mengatakan bahwa Polri adalah penanggung jawab utama keamanan Pilgusu. Kapolres menambanhkan bahwa untuk mendukung hal ini telah disiapkan Posko. Ia juga mengatakan bahwa Polri akan pro aktif dengan jemput bola dan berkoordinasi dengan semua pihak penyelenggara Pilgubsu. Kapolres meminta semua pihak agar memberikan pemahaman dan memberikan informasi yang benar kepada semua pihak danmasyarakat. Polri siap bekerjasama dan membantu demi kelancaran dan keamanan Pilgubsu.

Ketua Panwaslu Binjai Sainul Irwan, SH, mengatakan bahwa sampai saat ini Panwaslu terus berkoordinasi dan berdampingan KPU, Kapolres, Kajari untuk mensukseskan Pilgubsu 2013. Ia mengatakan dalam Pilgubsu ini telah disiapkan Panwas di 5 kecamatan. Tugas terberat justru pada PPL yang bertugas selama 2 bulan . untuk mendukung operasionalnya akan dicairkan dana pada bulan Pebruari 2013 ini