Wali Kota Jogyakarta Sambut Kunjungan Dekranas Binjai.

BINJAI :

Wali Kota Jogyakarta H. Haryadi Suyuti, menyambut kunjungan Ketua Dekranas Kota Binjai dipimpin ketua Ny. Lisa Andriani bersama Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, M,Si ,guna melakukan kerja sama pembinaan kerajinan dan industri. Menurut Kabag Humas Pemko Binjai Hendrik Tambunan, S. Sos, Selasa( 9/12), kunjungan kerja Ketua Dekranas Ny. Lisa Andriani didampingi Kadis Koperasi, UKM, dan Perindag Drs. HT Syarifuddin, Mpd, Asisten bidang Perekonomian Drs. H. Hamdani Hasibuan, Kadis Pendapatan dan pasar Tobertina, SH, Kabag Perekonomian, Ilham, Kabag Kesra Drs. Martal, kabag Hukum Salmadani, SH dan beberapa pengrajin kota Binjai.

Kunjungan kerja Dekranas Binjai  ke Jogyakarta sejak 6 sampai 9 Desember 2014,meninjau pelaksanaan Pasar malam Perayaan Sekaten( PMPS), di Jogya,yang diikuti 660 peserta dari unsur komersil dan 14 stand disediakan Pemko Jogyakarta untuk pelaku UKM. Rombongan Dekranas Binjai yang langsung didampingi Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, MSi, dijamu Wali Kota Jogyakarta H. Hayadi Suyuti dan Ny. Hayadi serta staf Pemko Jogyakarta . Wali Kota Yogja dan Wali Kota Binjai sepakat dilakukan kerja sama kerajinan dan industri. Kerja sama dbidang pendidikan dan ketrampilan serta pembinaan. Wali Kota HM Idaham, mengakui, kota Jogya sangat terkenal dengan inovasi pengrajin dan industri kecil maupun menengah. " Banyak kerajinan industri asal Jogya menjadi kebangaan masyarakat Indonesia, untuk itu Dekranas yang membina pengrajin dan industri, ingin melakukan studi, agar kerajinan dan industri di kota Binjai bisa meningkat,"ujarnya.

Wali Kota Jogyakarta Hayadi Suyuti, sangat respon dan mempersilakan tim kerajinan dan industri kota Binjai mengunjungi kerajinan batik, pembuatan bhakpia pathok, kerajinan lainnya dari bambu, kayu dan sabut kelapa serta kerajinan yang mempergunakan limbah. Kadis Perindag Binjai Drs. HT Syarifuddin, MPd, mengakui, banyak pengelaman dan berbagai hal diperoleh selama study banding ke Jogya. " Pengrajin Jogya tidak pernah habis ide," ujarnya.  ketua Dekranas Ny. Lisa Andriani, menjelaskan, kerja sama akan dilakukan , diantaranya cara pembuatan kue bakphia pathok. Pengusaha bakphia di Jogya sudah  bersedia memberikan pelatihan kepada pengrajin sektor makanan di kota Binjai. Begitu juga untuk pengrajin anyaman, pekaian. Kerja sama Dekranas Binjai dengan Dekranas yogyakarta, diharapkan memperoleh manfaat bagi pengrajin kota Binjai.

Pada acara jamuan, Wali kota Jogyakarta dan Wali Kota Binjai saling memberikan cendera mata. Wali Kota Jogyakarta juga menyerahkan sebilah keris kepada Wali Kota HM Idaham, SH, MSi.