Wali Kota Binjai Tanam Pohon Di Bantaran Sungai Bingei.

(Binjai,Humasy)
Hari lingkungan hidup sedunia diperingati setiap 5 Juni, di Binjai peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014, dilaksanakan, Sabtu ( 14/6) ,di Kelurahan Berngam, Kec. Binjai Kota. Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, MSi,mengemukakan, perubahan iklim sekarang tidak bisa di prediksi. Dan setiap hari lingkungan semakin sempit.  Perubahan pemanasan global yang terjadi sekarang ini merusak ozon, kerusakan ozon akan bisa dikurangi dengan adanya perubahan sikap masyarakat agar aktif menjaga  kehidupan pohon dan memeliharan lingkungan , terutama di bantaran sungai di kota Binjai.

" Kita tidak ingin sungai di kota Binjai, seperti sungai Deli di Medan, atau Kali Ciliwung di Jakarta, menjaga lingkungan dan kebersihan sungai harus ada partisipasi aktief warga, agar tidak membuang limbah cair ke sungai," ujarnya dihadapan pimpinan FKPD, SKPD dan masyarakat. Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, MSi,menjelaskan berbagai program Pemko Binjai agar kota Binjai menjadi pionir di Indonesia sebagai kota hijau. Idaham menyebutkan, jika aliran sungai Bingei terjaga kebersihannya, akan membantu pembangunan WTP untuk kebutuhan air bersih masyarakat di wilayah Binjai Utara. Wali Kota Binjai mengajak masyarakat menjaga lahan di pinggiran sungai agar tidak erosi dan abrasi dengan menanam pohon yang nantinya bisa menjadi sumber kehidupan masyarakat.

Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, MSi, memaparkan berbagai rencana, diantaranya pemasangan listrik hemat energi dan ramah lingkungan solar cell , di Puskesmas rawat inap Tanah Tinggi. Kemudian di Pasar Tradisional modren, jalan Sibolga, Kelurahan Rambung Barat, Kec. Binjai Selatan yang peletakan batu pertamana dilaksanakan ,Senin ( 16/6), juga akan di pasang solar cell, sehingga aliran listriknya akan dipasang di perkantoran dan rusunnawa di sekitarnya.Menjaga lingkungan hidup dan menghijaukan perkotaan sanagat membantu kesehatan masyarakat dan Wali Kota Binjai mengajak semua warga kota Binjai , bersama-sama, menjaga kelestarian lingkungan untuk kehidupan anak cucu nantinya.

Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wali Kota Binjai HM Idaham, Sekdako Binjai H. Elyuzar Siregar, SH, M.Hum dan unsur FKPD dan SKPD melakukan penanaman pohon di bantaran sungai sungai Bingei. Ka Badan Lingkungan Hidup Kota Binjai, Drs. H. Aspian, MAP, menjelaskan, selain penanaman pohon di bantaran sungai, juga diadakan berbagai perlombaan pengetahuan lingkungan hidup, menulis puisi dan lagu LH, pemenang lomba memperoleh hadiah yang diserahkan Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, MSi.