Wali Kota Binjai Tanam Perdana Jambu Air Deli Hijau

Binjai,  Wali Kota Binjai H.M. Idaham, SH, M.Si, melakukan penanaman perdana jambu air deli hijau ,di kebun percontohan , Jl. Sei Besitang , Kelurahan Tanah Seribu, Kec. Binjai Selatan, Jum’at (29/11).  Penanaman perdana oleh i Wali Kota  HM Idaham, disaksikan  Direktur Pembenihan holtikultura Kementerian Pertanian RI,  Ir. Sri Wijayanti Yusuf , Kadis Pertanian Provsu Ir. M. Roem, Kadis Pertanian dan Perikanan Binjai Ir. Edy Gunawan.

Wali Kota  HM Idaham, SH, MSi,  bangga kepada kelompok tani, penangkar benih, yang sudah bekerja  keras,  menghasilkan  bibit  buah jambu air deli hijau , sehingga   memperoleh  serifikat dari Kementerian Pertanian RI . Idaham berharap, kelompok tani di Binjai terus berinovasi terhadap benih tanaman lainnya yang bias membawa nama baik kota Binjai .  Kalau  sebelumnya susah payah  pada  pemasaran buah jambu  air dari Binjai. Sekarang sudah memperoleh pasar  yang baik. Sampai banyak permintaan atau order yang belum bias terpenuhi .

Direktur Pembenihan Holtikultura Kementan RI,  Ir. Sri Wijayanti Yusuf , mengatakan  pengembangan jambu air deli hijau ,merupakan inisiatif petani Binjai dengan dukungan Pemko Binjai. Varitas jambu Binjai sangat luar biasa, “ Apalagi rasa jambu di kecamatan lain bisa berbeda manis dan renyahnya “’ ujarnya.  Dir.Pembinaan Holtikultura Kementan RI menyebutkan , tantangan dengan menerapkan SOP penanaman, penggunaan bibit, dan pupuk sehingga menghasilkan kualitas . Wijayanti meminta dibuat  lebel untuk bibit jambu air deli hijau. Sehingga tidak terjadi penjualan bibit jambu air deli hijau yang palsu , yang bias meruksa citra kota Binjai.  

Kadis Pertanian dan Perikanan Binjai Ir. Edy Gunawan, menjelaskan, Binjai tetap mempertahankan buah dan tananam rambutan ,yang sudah menjadi label kota Binjai secara nasional maupun internasional. . Bibit rambutan khususnya jenis Brahrang tetap dilestarikan dengan sistim  mata temple.  Mendatang  Pemko Binjai akan melepas/meluncurkan buah jambu biji non biji, alpukat dan belimbing. Edy menyebutkan  dari 135 penangkar benih  yang ada di Binjai , baru 15   memiliki badan hukum