Wali Kota Binjai Minta Pujakesuma Hidupkan Kesenian Wayang.

Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, MSi , minta pengurus Pujakesuma Kota Binjai menghidupkan kesenian wayang. Ketika memberikan bimbingan pada acara syuroan Puja Kesuma Kota Binjai, Sabtu ( 1/11), di Pendopo Umar Baki, yang dihadiri DPP Puja kesuma H. Suratman, DPW Pujakesuma dan seribuan warga Jawa kelahiran Sumatera  di Pendopo Umar Baki, Idaham mengemukakan, sudah 10 tahun lebih tidak ada lagi pergelaran wayang di kota Binjai.  “ Bawa keluarga dan anak-anak, kita semalam suntuk nonton wayang di Pendopo ini,” ujar Idaham.

Idaham, menjelaskan, budaya dan kesenian tradisional merupakan kearifina lokal yang harus di pertahankan dan dilestarikan. Pergelaran wayang, tidak hanya sebagai hiburan, tetapi alur ceritanya mengandung falsafah hidup, berisikan pendidikan dan menanamkan kepercayaan serta  berbagai adegan yang bisa memberikan motivasi kehidupan, keberanian menegakkan kebenaran,  terutama kejujuran dan moral. “ Hanya agama dan budaya yang bisa menjadi benteng generasi muda terhadap pengaruh kecagihan tehnologi yang berbahaya serta narkoba. Wali Kota HM Idaham dihadapan warga Pujakesuma minta pembangunan pendepokan harus bisa diselesaikan 2015.

DPW Pujakesuma Sumut diwakili Drs. Sugiatmo, berharap warga Pujakesuma Binjai  yang ada di mana-mana, berperan untuk masyarakat. Kepedulian Wali Kota HM Idaham terhadap Pujakesuma ,terutama untuk membangun pendepokan di kota Binjai harus didukung secara penuh.  Ternyata tantangan HM Idaham mendapat respon, berbagai warga memberikan bantuan untuk pembangunan pendepokan di kota Binjai.  Pada acara syuroan diserahkan hadiah kepada pemenang  lomba kuda kepang dan sebagai juara I grup Wahyu Satrio Putro dari Binjai Selatan, II. Grup dari Binjai Utara dan III. Grup dari Kab. Langkat.
Mengapresiasi  pembudayaan budaya dan kesenian wayang, Wali Kota HM Idaham menyerahkan perangkat wayang Gatot Kaca kepada  dalang Ki Suripno, SH, MH dan Gotki Joko, yang akan mementaskan wayang kulit dengan  cerita Gatot Kaca Nagih Janji, Sabtu( 1/11) ,malam di Pendopo Umar baki Binjai.