Wali Kota Binjai Minta Hidupkan Budaya Gotong Royong Dan Hindari Makanan Tak Sehat

Binjai (Bagian Humas)

Walikota Binjai HM Idaham, SH, MSi, minta seluruh masyarakat menghidupkan gotong royong dan menghindari makanan atau jajanan tidak sehat. Pada peringatan bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) XII dan Hari Kesatuan Gerak ( HKG) PKK ke 43 kota Binjai, Kamis ( 4/6) di halaman arena MTQ Kota Binjai, Idaham mengingatkan gotong royong merupakan budaya lokal yang kini kian tergerus. Peran masyarakat sangat diperlukan menghidupkan kembali tradisi nenek moyang dengan gotong royong.

”Jangan sifat gotong royong hilang akibat  persaingan dan kepentingan lain,” ujarnya di hadapan unsur FKPD, SKPD dan ratusan masyarakat.

Setiap tahun kita peringati hari bukan bhakti gotong royong, dan harus dievaluasi, sejauh mana sudah keaktifan masyarakat untuk bergotong royong. Disisi lain, Wali Kota HM Idaham, mengingkatkan masyarakat akan isu yang kini tersebar, yaitu makanan bercampur plastik. Ada beras plastik, kemudian ditemukan pisang yang digoreng dengan minyak bercampur plastik. Kepada kaum ibu, terutama kader PKK di Kota Binjai agar menghindari makanan atau jajanan yang tak sehat. Lurah atau kepling serta kepala sekolah hendaknya berkordinasi dengan Dinas Kesehatan guna mewaspadai jajanan tak sehat.

“Jagalah kesehatan generasi kita dari bahan makanan yang mengandung kimia,” ujarnya.

Pada peringatan Hari Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan hari Kesatuan gerak PKK, Ketua TP PKK Kota Binjai  Hj. Lisa Andriani  Idaham SPsi menyerahkan tanda penghargaan pengabdian 15, 20 dan 25 tahun  kepada kader PKK. Juga  penyerahan   hadiah lomba kelurahan pelaksana terbaik tertib administrasi PKK, PKDRT, UP2K, pemanfaatan tanah pekarangan  dan pemanfaatan hasil toga, serta penyerahan  hadiah pemenang  lomba dalam rangka  jambore kader PKK.

Kemudian Walikota Binjai HM Idaham menyerahkan bantuan alat kebersihan dan gotong royong,  peralatan pembuat  reunisa,  alat pencetak kue kering, bantuan bibit ikan nila, bantuan bibit  buah-buahan dan bibit penghijauan.