Wali Kota Binjai Buka Seminar Perkawinan Adat Batak Toba.

Binjai, Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, Msi, membuka seminar   perkawinan etnis Batak Toba, Sabtu ( 29/11), di Pendopo Umar Baki, jalan Veteran. Wali Kota HM Idaham ,mengemukakan, budaya lokal harus tetap dipelihara, sebagai suatu warisan dan benteng dari pengaruh budaya luar,  yang  banyak tidak sesuai dengan kearifan lokal.  “ Hanya agama dan budaya sebagai benteng agar generasi muda Indonesia tidak terpengaruh terhadap budaya luar,” ujarnya, ketika memberikan arahan pada pembukaan seminar perkawinan adat etnis batak toba.


Praktek budaya luar yang merasuk dari berbagai media sosial yang saat ini berkembang pesat. Banyak tak sesuai dengan adat istiadat leluhur bangsa Indonesia. Jika budaya itu diikuti generasi muda, diyakini akan merusak tatanan adat istiadat. Oleh sebab itu budaya lokal harus terus dikembangkan dan diwariskan kepada generasi muda. Idaham juga menyarankan, seminar tata perkawinan adat batak toba jangan menghilangkan kesakralan dari adat  perkawinan.
Ketua etnis Batak Toba Kota Binjai Ir. M. Simbolon, sangat mengapresiasi perhatian Wali Kota Binjai terhadap etnis di kota Binjai. Kebersamaam semua etnis di kota Binjai menunjukkan persatuan dan kesatuan di Binjai cukup baik.  Simbolon berharap, Wali Kota Binjai bisa membantu etnis Batak Toba membangun sopo gudang ( balai pertemuan) di kota Binjai. Kemudian Pemko Binjai  memberikan dukungan dan bantuan kepada pengrajin ulos yang banyak dikerjakan kaum perempuan di berbagai wilayah kota Binjai. Wali Kota Binjai HM idaham, menyatakan tetap memberikan dukungan terhadap program dari etnis Batak Toba,  sehingga  pemerintah dan semua etnis di kota Binjai  tetap nyaman dalam kebersamaan.