Wali Kota Binjai Buka Pameran Batu Mulia Expo 2015.

BINJAI (  Humas  ) : Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, MSi, membuka pameran batu mulia Expo 2015 di Binjai Super Mall( BSM), Jalan Soekarno- Hatta, Selasa ( 24/2) sore. Menurut Idaham,  mutu atau kualitas batu asal Indonesia, tidak kalah di dunia.  Batu Indonesia punya karateristik  dan berbeda dengan batu-batu lainnya. Hal itu terbukti ketika HM Idaham ke Manila, Philipina dan saat tugas belajar ke Boston, Amerika Serikat,” Batu yang Saya pakai dianggap batu mahal, padahal hanya batu lokal di Indonesia,” ujarnya.

Kegemaran batu dewasa ini tidak saja di Indonesia,tetapi sudah mendunia, dan Wali Kota Binjai berharap pengrajin batu mampu berinovasi. Porformace batu yang diolah sebagai cincin, kalung dan lainnya harus  mampu bersaing dan punya ciri khas, sehingga digemari penggemar pemakaian batu.Batu-batu di Indonesia, termasuk dari Kab. Langkat yang dikenal namanya batu janggus dari daerah P.Susu, mempunyai corak yang indaha dan kekuatan batu sangat tinggi. Kemudian ada batu Sawit Seberang yang dikenal dengan SS, juga  menarik pecandu batu. Moment ini harus bisa dimanfaatkan, sehingga Binjai kini dikenal sebagai daerah yang banyak mengolah kerajinan batu.

Pengurus Asosiasi penggemar batu Binjai dan Kab. Langkat ( Ampibi- LKT), Irwansyah, MSi, mengakui, kerajinan batu yang ada, mempunyai nilai tambah bagi masyarakat. Sebab dengan usaha menggosok dan mengolah batu sudah menjadi kerja bagi masyarakat . Pengurus Indonesia Game Stone ( IGS), Yoga, menjelaskan. pameran batu mulia Expo 2015 untuk pertama dilaksanakan di kota Binjai, 24 Februari sampai 1 Maret di BSM, yang juga diselenggarakan perlombaan berbagai kreteria yang sudah terdata peserta 300 orang.

Setelah Binjai, menurut Yoga akan menyusul pelaksanaan di Tanjung Balai, Tebing Tinggi, P. Siantar, Deli Serdang memperebutkan piala Bupati, dilanjutkan ke Nias. dan beberapa propinsi di Indonesia serta keluar negeri Taiwan guna memamerkan batu Indonesia. Pada pembukaan pemeran yang di lakukan Wali Kota HM Idaham, oleh panitia penyelenggara menyerahkan sebentuk cincin dengan batu dari  Raja Ampat, Papua kepada HM Idaham.  Wali Kota Binjai juga berkenan mengunjungi stand pameran  yang memamerkan berbagai batu cincin berbagai jenis. serta bongkahan batu yang belum diolah menjadi cincin.  Ada 75 stand pameran yang diisi pengusaha batu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Aceh bahkan dari Jakarta.