Wali Kota Binjai Buka Festival Marhaban

Binjai (Humas)

Wali Kota Binjai HM Idaham, SH, MSi, membuka festival marhaban, memperebutkan Piala bergilir Wali Kota Binjai, Senin ( 30/12) di Pendopo Umar Baki. Wali Kota HM Idaham, berharap festival marhaban , yang di selenggarakan memperingati Hari Amal Bhakti ( HAB) Kemenag RI ke 68, mampu membangkitkan seni tradisi yang relegius.

" Kita harus mampu membagkit seni yang bernuansa agama, sebab saat ini sudah hampir hilang," tegasnya. Seni relegius yang mulai dibangkitkan, hendanya bisa di ajarkan kepada generasi muda. " Masa lalu, selesai sholat magrib, banyak muda-mudi berlatih berzanzi dan marhaban,tetapi sekarag sudah tak didengar lagi, " sebutnya.

Ka Kemenag Binjai H. Al Ahyu, MA, menjelaskan, pelaksanaan festival marhaban yang diikuti majlis taklim dan perngajian di kota Binjai, sebagai upaya  Kemenag melestarikan seni dan budaya bernuansa agama. Memperingati hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke 68, Kemenag Binjai memilih melaksanakan festival marhaban, sehingga seni relegi bisa ditumbuh kembangkan kepada generasi muda, sehingga tidak hilang. H. Al Ahyu didamping Ketua Panitia Jafar Sidiq, SAg, menjelaskan festival marhaban diikuti 33 peserta. Dari Binjai Utara, 13 grup, Binjai Selatan 8 grup, Binjai Timur 6 grup, Bijai Barat 5 grup dan Bijai Kota hanya 1 grup.Selain mengadakan festival marhaban, Kemenag Kota Binjai juga akan mengelar zikir dan aflah Al Quran.