Wakil Walikota Binjai Sampaikan 3 Ranperda ke Dewan

Binjai (Bagian Humas)

Wakil Walikota Binjai H. Timbas Tarigan SE menyampaikan 3 rancangan peraturan daerah (ranperda) Kota Binjai tahun 2016 pada rapat paripurna DPRD Binjai, Rabu (11/01 /2017). Adapun 3 ranperda yaitu tentang Rumah Susun Sederhana Sewa, ranperda tentang Tarif Pelayanan Kesehatan Kelas III pada Badan Layanan Umum Daerah RSUD Dr. RM Djoelham Binjai, dan ranperda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kota Binjai Nomor 4 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum.

Pada rapat paripurna dipimpin Wakil ketua DPRD M. Sazali, Wakil Walikota Timbas Tarigan menjelaskan pembentukan perda tentang rumas susun sederhana sewa dalam rangka menindaklanjuti keberadaan rusunawa Kota Binjai yang secara teknis telah selesai dibangun pada tahun 2012 dan telah dihuni sejak tahun 2014 oleh penghuni sementara. Sampai saat ini rusunawa telah dihuni masyarakat berpenghasilan rendah tanpa dikenakan uang sewa dan hanya dibebani biaya pemakaian listrik dan air sampai ditetapkannya perda tentang rusunawa.

“Perda ini sangat diperlukan agar pengelolaan rusunawa bisa berjalan efektif sekaligus memiliki dasar hukum yang kuat, “ kata Timbas Tarigan.

Lebih lanjut dijelaskan Ranperda tentang Tarif Pelayanan Kesehatan Kelas III pada Badan Layanan Umum Daerah RSUD Dr. RM Djoelham Binjai adalah dalam rangka melaksanakan UU Nomor 44/2009 tentang Rumah Sakit. Dalam pasal 50 ayat (2) disebutkan bahwa besaran tarif kelas III Rumah sakit yang dikelola pemerintah daerah ditetapkan dengan peraturan daerah.

Sedangkan ranperda tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kota Binjai Nomor 4 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, menurut Timbas Tarigan diajukan terkait ketentuan Undang –Undang Administrasi kependudukan dimana pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya.

Pada rapat paripurna yang juga dihadiri Sekda, forkopimda dan kepala SKPD, Timbas Tarigan mengharapkan pembahasan ranperda dapat berjalan dengan baik dan akhirnya dapat disetujui menjadi perda.